PANDANGAN NASABAH NON MUSLIM TERHADAP PEMANFAATAN PRODUK-PRODUK YANG DITAWARKAN DI BMT AMI BANDARA YOGYAKARTA

NOORLIA FAUZIAH - NIM. 03380406, (2009) PANDANGAN NASABAH NON MUSLIM TERHADAP PEMANFAATAN PRODUK-PRODUK YANG DITAWARKAN DI BMT AMI BANDARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah mengenai BMT atau yang lebih dikenal denga lembaga keuangan tanpa bunga. BMT merupakan lembaga keuangan yang dalam menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan pada prinsip-prinsip syari'ah Islam, yaitu mengacu pada al-Qur'an dan al-Hadis. BMT merupan salah satu lembaga keuangan non bank yang sistem beroperasinya hampir sama denga bank, walaupun dia berada di bawah naungan Departemen Koperasi. Di Indonesia lembaga keuangan syari'ah sudah mulai berkembang dengan baik, hal tersebut terindikasi dari pemanfaatan BMT yang tidak hanya dimanfaatkan oleh muslim saja, akan tetapi masyarakat non muslim sudah mulai melirik keberadaan BMT serta mulai memanfaatkan produk dan jasa yang ditawarkannya, hal ini seperti yang terjadi di BMT AMI. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk (1).Mengetahui pengetahuan nasabah non muslim tentang BMT Ami dan (2).Untuk mengetahui sikap nasabah non muslim terhadap atribut produk-produk yang ditawarkan BMT AMI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field reasarch. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah non muslim, dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sample. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran angket. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa (1).Pengetahuan nasabah non muslim masih sangat minim, hal tersebut dikarenakan kurang adanya sosialisasi terhadap nasabah, khususnya non muslim. Sosialisasi yang perlu ditekankan adalah tentang produk dan penerapan bagi hasil. Selama ini nasabah masih belum paham betul tentang penamaan produk denga istilah arab dan nasabah masih menganggap sama antara bagi hasil dengan bunga. (2). Sikap nasabah sudah merasa puas terhadap atribut produk-produk BMT AMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. H. DAHWAN, M.SI
Uncontrolled Keywords: BMT, lembaga keuangan non bank, nasabah, atribut produk
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum