MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

KUNI HIRIYANTI, NIM:12490070 (2016) MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
12490070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
12490070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang sering terjadi dilapangan bahwa manajemen kearsipan disekolah pada umumnya belum dilaksanakan dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan sistem manajemen kearsipan yang baik terutama dalam sistem penyimpanan dokumen-dokumen atau arsip. Melalui penerapan manajemen kearsipan yang baik maka secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu pelayanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan manajemen kearsipan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan administrasi di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang maenggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam (in-depth Interviews) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, data display, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manajemen kearsipan yang dilakukan bagian administrasi tata usaha dalam mengelola dokumen-dokumen dan arsip penting sekolah melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kegiatan perencanaan kearsipan meliputi: perencanaan ruangan, peralatan penyimpanan, perlengkapan penyimpanan, dan sistem penyimpanan. Kegiatan pengorganisasian kearsipan meliputi: pembagian tugas dan tanggungjawab pengelolaan arsip, serta penggunaan azaz penyimpanan arsip. Kegiatan pelaksanaan kearsipan meliputi: prosedur permulaan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, peminjaman arsip, dan prosedur penyusutan arsip. Kegiatan pengawasan kearsipan, melalui monitoring oleh kepala sekolah dan kepala bagian administrasi. (2) Mutu pelayanan administrasi tata usaha dengan menggunakan pendekatan sistem pelayanan dan standar pelayanan. (3) Hasil dari pelaksanaan manajemen kearsipan dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta menunjukkan bahwa administrasi tata usaha telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen kearsipan meskipun belum maksimal. Kata Kunci: Manajemen kearsipan, Mutu Pelayanan Administrasi, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kearsipan, Mutu Pelayanan Administrasi, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:10
Last Modified: 28 Sep 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum