EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN

ENI NURAINI, NIM. 11680039 (2016) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
11680039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
11680039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning tipe (TSTS disertai Crossword Puzzle, TSTS dan konvensional) terhadap minat dan hasil belajar biologi aspek kognitif pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian quasy experimen dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas perlakuan II (TSTS disertai Crossword Puzzle), XI IPA 1 sebagai kelas perlakuan I (TSTS) dan XI IPA 3 sebagai kontrol (konvensional). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan test. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Model pembelajaran (TSTS disertai Crossword Puzzle, TSTS dan konvensional) tidak efektif meningkatkan minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,234 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya ketiga kelas tersebut tidak berbeda secara signifikan. 2) Model pembelajaran (TSTS disertai Crossword Puzzle, TSTS dan konvensional) efektif meningkatkan hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ketiga kelas tersebut berbeda secara signifikan. Hasil uji Tukey menunjukkan bahwa a) model TSTS disertai Crossword Puzzle lebih efektif meningkatkan hasil belajar daripada model TSTS. b) model TSTS disertai Crossword Puzzle lebih efektif meningkatkan hasil belajar daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe TSTS, Crossword Puzzle, materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, minat dan hasil belajar biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:57
Last Modified: 02 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum