PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN HUTAN BEBENG GUNUNG MERAPI MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

M MUSYAFA’ YASIN, NIM. 10680010 (2016) PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN HUTAN BEBENG GUNUNG MERAPI MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN HUTAN BEBENG GUNUNG MERAPI MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BIO-POCKETBOOK BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN HUTAN BEBENG GUNUNG MERAPI MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Bio-Pocketbook berbasis potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies, dan ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Bio-Pocketbook yang dikembangkan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) tetapi dibatasi sampai tahap ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Instrumen penilaian produk berupa angket check list. Bio-Pocketbook ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 8 peer reviewer, 2 guru biologi dan 15 siswa kelas X MAN Maguwoharjo untuk mengetahui respon siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Bio-Pocketbook berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan diperoleh hasil dari penilaian ahli materi menunjukkan kualitas media Sangat Baik (87,88%), ahli media masuk dalam kategori Sangat Baik (96,25%), peer reviewer masuk kategori Sangat Baik (87,25%), guru biologi masuk kategori Baik (83,87%), dan respon siswa masuk kategori Baik (76,46%). Dengan demikian, Bio-Pocketbook berbasis potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies, dan ekosistem yang dikembangkan dengan model ADDIE layak digunakan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Bio-Pocketbook, Materi Keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies, dan ekosistem
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:58
Last Modified: 02 Aug 2016 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum