PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI INFORMATIF BERBASIS E-BOOK MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMP/MTS

MUCHAMAD TRI SASWINTO, NIM. 10680039 (2016) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI INFORMATIF BERBASIS E-BOOK MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI INFORMATIF BERBASIS E-BOOK MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMP/MTS)
10680039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI INFORMATIF BERBASIS E-BOOK MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMP/MTS)
10680039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan ensiklopedi informatif berbasis e-book materi jaringan pada tumbuhan sebagai alternatif sumber belajar mandiri untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui kualitas ensiklopedi informatif berbasis e-book materi jaringan pada tumbuhan sebagai alternatif sumber belajar mandiri untuk siswa SMP/MTs yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Instrument penelitian berupa lembar wawancara, observasi, dan angket penilaian kualitas dalam bentuk checklist. Penilaian dilakukan oleh satu ahli matri, satu ahli media, enam peer reviewer, satu guru IPA dan 15 siswa kelas VIII. Data nilai kualitas yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedi yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut ahli media dengan persentase keidealan 92 %, ahli materi 82,86 %, peer reviewer 88,82 %, dan guru IPA 85,88 %. Adapun respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju (SS) dengan persentase keidealan 85,09 %. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan ensiklopedi e-book materi jaringan tumbuhan yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedi, E-book, jaringan tumbuhan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2016 10:03
Last Modified: 02 Aug 2016 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum