UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA ASATIDZ PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA

AM SAIFULLAH ALDEIA, NIM : 12490073 (2016) UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA ASATIDZ PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA ASATIDZ PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
12490073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA ASATIDZ PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
12490073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, pembahasan tentang etos kerja menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan dilema kerja semakin kompleks. Terlebih etos kerja pengasuh di pesantren. Karena input maupun output dari pesantren adalah manusia yang harus dikembangkan potensi-potensinya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Bagaimana etos kerja asatidz pengabdian di pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra; Apa faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja asatidz pengabdian pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra; Bagaimana peran pimpinan dalam meningkatkan etos kerja asatidz pengabdian pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etos kerja asatidz pengabdian pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra; mengetahui faktor yang mempengaruhi etos kerja asatidz pengabdian; mengetahui peran pimpinan dalam meningkatkan etos kerja asatidz pengabdian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah direktur dan wakil direktur pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra dan Asatidz pengabdian pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Etos kerja asatidz pengabdian di pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra sudah cukup baik. Indikator baiknya etos kerja dapat dilihat dari loyalitas atau kesetiaan para asatidz untuk melaksanakan pengabdian. Ciri lain dari etos kerja asatidz pengabdian pondok pesantren Ibnul Qoyyim putra adalah santun, rendah hati, sabar, dan memiliki emosi yang stabil dalam melaksanakan tugas-tugasnya. menganggap tugas-tugas pengabdiannya sebagai pelayanan kepada santri dan wali ataupun orang tuanya. Para asatidz juga mengutmakan tugas-tugas pesantren untuk diselesaikan terlebih dahulu daripada urusan pribadi. Namun dalam beberapa kondisi asatidz mengalami penurunan etos kerja karena merasa jenuh dengan tugas-tugas pesantren yang diemban. (2) faktor yang mempengaruhi etos kerja asatidz pengabdian yaitu motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik, faktor yang dalam hal ini adalah honor yang diberikan pihak pesantren, motivasi dari pimpinan pesantren, etos kerja rekan pengabdian yang lain, dan pengaruh keilmuan Islam yang berkaitan dengan etos kerja. (3) Peran pimpinan dalam meningkatkan etos kerja yaitu memberikan apresiasi kepada asatidz pengabdian yang kinerjanya baik, melakukan evaluasi terhadap asatidz yang kinerjanya kurang baik, menjaadi motivator untuk asatidz pengabdian dan menciptakan suasana kekeluargaan antara pimpinan dengan asatidz pengabdian. Kata Kunci : Etos Kerja, Kepemimpinan, Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Kepemimpinan, Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:57
Last Modified: 23 Sep 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum