KONTRIBUSI MANAJEMEN MUTU TERPADU BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAN YOGYAKARTA III

YERDANIATI PUTRI SURYADI, NIM: 12490075 (2016) KONTRIBUSI MANAJEMEN MUTU TERPADU BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI MANAJEMEN MUTU TERPADU BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAN YOGYAKARTA III)
12490075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI MANAJEMEN MUTU TERPADU BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAN YOGYAKARTA III)
12490075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Manajemen Mutu Pendidikan di MAN Yogyakarta III yang berjalan selaras dengan Pendidikan Karakter yang disebut ULTRAPRIMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen mutu, kontribusinya terhadap pendidikan karakter dan tantangan dilaksanakanya manajemen mutu tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh tersebut kemudian diedit, ditranskip, dikode/labelling, grouping, contrasting dan comparating, triangulasi data, direduksi, diverifikasi dan dianalisis, selanjutnya menyimpulkan data dengan tamabahan-tambahan dan disajikan untuk dipertanggung jawabkan. Hasil dari penelitian di MAN Yogyakarta III menunjukkan : (1) Pelaksanaan manajemen mutu terpadu di MAN Yogyakrta III mengunakan siklus Deming Plan-Do-Check-Action. Selanjutnya memunculkan harapan pelanggan yaitu tingkat performa minimum, tingkat akademik, dan tingkat ekspresi (2) Kontribusi manajemen mutu terpadu bagi pengembangan pendidikan karakter pada MAN Yogyakarta III dengan keterlibatan ULTRAPRIMA dalam setiap kegiatan manajemen (3) Adapaun tantangan manajemen mutu terpadu prespektif pendidikan karakter yaitu membangun rutinitas dan budaya dalam manajemen, pembiasaan ULTRAPRIMA di MAN yogyakarta III, miskomunikasi antar pihak madrasah dengan orang tua/wali peserta didik, pengaruh kemajuan dan perkembangan zaman, beban kerja guru, staff dan karyawan semakin meningkat dan kinerja karyawan masih bersifat prematur. Hal tersebut dapat diatasi dengan menyehatkan mutu madrasah, mengurangi beban kerja dan mengubah beban menjadi energi. Kata kunci : Mutu Terpadu Pendidikan, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Mutu Terpadu Pendidikan, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:10
Last Modified: 17 Oct 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum