ANALISIS RENTET WAKTU PADA DATA PENDONOR DAN KEBUTUHAN DARAH MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR REGRESSION DAN LEAST SQUARE

IKHSAN ZUHRIYANTO, NIM. 12651049 (2016) ANALISIS RENTET WAKTU PADA DATA PENDONOR DAN KEBUTUHAN DARAH MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR REGRESSION DAN LEAST SQUARE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RENTET WAKTU PADA DATA PENDONOR DAN KEBUTUHAN DARAH MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR REGRESSION DAN LEAST SQUARE)
12651049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RENTET WAKTU PADA DATA PENDONOR DAN KEBUTUHAN DARAH MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR REGRESSION DAN LEAST SQUARE)
12651049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Data pendonor dan kebutuhan darah seperti pada PMI kota Yogyakarta, semakin hari semakin banyak dan bertambah. Data tersebut akan sangat disayangkan jika tidak diolah dan dimanfaatkan. Selain itu juga terdapat permasalahan dalam melakukan pengelolaan darah yang kebanyakan distribusi darah selalu lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pendonor sehingga PMI mengalami kekurangan jumlah darah. Dengan memanfaatkan metode data mining. Data yang semakin banyak tadi dapat diolah dalam tahapan-tahapan data mining dan ditampilkan kedalam informasi-informasi yang berbeda. Sehingga diharapkan data tersebut dapat kembali dimanfaatkan oleh PMI kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini juga menerapkan algoritma linear regression dan least square yang berfungsi untuk mengolah data rentet waktu pendonor dan distribusi darah di PMI Kota Yogyakarta. Dengan menggunakan kedua algoritma tersebut untuk melakukan prediksi permintaan darah, dan terbukti bahwa algoritma linear regression lebih baik dalam penerapannya dibandingkan dengan algoritma least square. Dikarenakan hasil prediksi dari pengujian menunjukan penggunaan algoritma linear regression memiliki residual error yang lebih sedikit yaitu 339.1 sedangkan algoritma least square memiliki tingkat residual error 564.3 dengan demikian algoritma linear regression lebih cocok digunakan untuk data pendonor dan distribusi darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Didik R Wahyudi, M.T
Uncontrolled Keywords: Data Mining, algoritma linear regression, algoritma least square, data pendonor dan kebutuhan darah, PMI kota Yogyakarta.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 11:59
Last Modified: 03 Aug 2016 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum