KEMAMPUAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN METODOLOGI PENELITIAN (ANALISIS SKRIPSI UIN SUNAN KALIJAGA DAN SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)

KHAIRUL FAHMI, NIM. 1220411139 (2016) KEMAMPUAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN METODOLOGI PENELITIAN (ANALISIS SKRIPSI UIN SUNAN KALIJAGA DAN SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN METODOLOGI PENELITIAN (ANALISIS SKRIPSI UIN SUNAN KALIJAGA DAN SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA))
1220411139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN METODOLOGI PENELITIAN (ANALISIS SKRIPSI UIN SUNAN KALIJAGA DAN SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA))
1220411139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Khairul Fahmi, Kemampuan Mahasiswa S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menerapkan Metodologi Penelitian: Analisis Skripsi UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016 Penelitian ini dilakukan karena melihat keadaan dimana skripsi hanya tersusun rapi di rak-rak buku perpustakaan, hanya sedikit dari sekian ratus skripsi yang ada yang masuk kriteria untuk diterbitkan dalam jurnal. Artinya ada masalah dalam penulisan skripsi mahasiswa PAI terutama dalam masalah metodologi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah skripsi mahasiswa PAI yang diserahkan pada dua tahun terakhir yaitu 2014 dan 2015, serta menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil untuk setiap universitas sebanyak 10 skripsi, jadi total srkipsi yang menjadi sampel penelitian sebanyak 20 skripsi. Teknik analisis data yang telah dikumpulkan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil analisis data, skripsi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia yang diserahkan pada tahun 2014 dan 2015, didapatkan bahwa skripsi mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia belum mampu dalam menetapkan jenis penelitian sesuai dengan tema penelitian yang diangkat. Hanya ada dua dari 20 skripsi yang tidak sesuai dalam menetapkan tema penelitian dan jenis penelitian. Sebagian besar mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga dan Unicersitas Islam Indonesia telah mampu dalam menentukan jenis pengumpulan data sesuai tema penelitian yang diangkat. Mereka juga sudah mampu dalam mengumpulkan data secara tepat sesuai dengan tema penelitian yang diambil. Dalam analisis data penelitian, mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia masih belum mampu dalam melakukan analisis data penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan pada penelitian dengan pendekatan kualitatif, mereka sudah mampu dalam melakukan analisis data penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: skripsi, metode penelitian
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:06
Last Modified: 03 Aug 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum