STUDI EVALUATIF PROGRAM LESSON STUDY MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN NGANJUK

MUHAMMAD KHALIQ RIDHA, SPDI, NIM. 1320410104 (2016) STUDI EVALUATIF PROGRAM LESSON STUDY MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN NGANJUK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EVALUATIF PROGRAM LESSON STUDY MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN NGANJUK)
1320410104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI EVALUATIF PROGRAM LESSON STUDY MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN NGANJUK)
1320410104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD KHALIQ RIDHA. Studi Evaluatif Program Lesson Study Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Kabupaten Nganjuk), Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam PBA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Dalam pendidikan terdapat instrumen-instrumen yang saling mendukung dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Yang termasuk ke dalam instrumen pendidikan salah satunya adalah guru, guru dan kompetensi yang dimiliki oleh guru berperan penting dalam ketercapaian tujuan pendidikan. Lesson Study merupakan konsep baru di dunia pendidikan. Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian dan pelaporan hasil refleksi kegiatan pembelajaran. Madrasah Aliyah Darul Hikam, Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga, dan Madrasah Aliyah Darussalam adalah tiga Madrasah Aliyah di Kabupaten Nganjuk yang telah mendapatkan MEDP (Madrasah Education Devolepment Project) sejak tahun 2012 di mana salah satu program kegiatannya adalah mengadakan pelatihan Lesson Study untuk meningkatkan kompetensi guru. Permasalahan yang telah diungkapkan adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program Lesson Study dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kabupaten Nganjuk, (2) Apa saja kekurangan dan kelebihannya dan (3) Bagaimana hasil dari program Lesson Study dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Kabupaten Nganjuk Hasil penelitian ini menunjukan (1) Lesson Study mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darussalam, Madrasah Aliyah Sunn Kalijaga, Madrasah Aliyah Darul Hikam dapat diimplementasikan dalam pembelajaran melalui siklus plan-do-see dengan enam tahapan, yaitu membentuk kelompok Lesson Study, menentukan fokus kajian, merencanakan research lesson, pelaksanaan pembelajaran dan observasi aktivitas pembelajaran, mendiskusikan dan menganalisis hasil observasi, dan refleksi dan penyempurnaan. Implementasi (2) Lesson Study secara berkelanjutan akan membantu guru mempercepat peningkatan profesionalismenya. Indikatornya adalah pengembangan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang selalu menuntut dilakukannya inovasi pembelajaran dan asesmen, siklus plan-do-see yang memungkinkan guru untuk dapat mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif tentang belajar dan pembelajaran. dan proses-proses refleksi secara berkelanjutan adalah suatu ajang bagi guru untuk meningkatkan kesadaran akan keterbatasan dirinya.(3) Program Lesson Study di Madrasah Aliyah Darussalam, Madrasah Aliyah Darul Hikam, Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga haruslah direvisi, karena pada pelaksanaannya yang tidak sesuai dengan apa yang dapat dari diklat Lesson Study, akan tetapi disisi lain guru-guru menilai bahwa Lesson Study ini memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:16
Last Modified: 03 Aug 2016 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum