PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

UMI MUFLIKHAH, NIM: 12490093 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif dengan model korelasional dengan teknik regresi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan dan besar kontribusi variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dengan variabel Y (kemandirian belajar) ketika dikontrol dengan variabel Z (minat baca) dengan mendasarkan pada teori S-R (Stimulus Respon) dan teori konstruktivisme. Penelitian skripsi ini dilakukan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan sampel sebesar 251 dari populasi sebesar 859 mahasiswa S1 UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan kaidah Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kuesioner diedarkan kepada mahasiswa yang pada saat itu sedang berkunjung ke perpustakaan. Instrumen pengumpulan datanya menggunkaan kuesioner dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X (pemanfaatan perpustakaan) terhadap variabel Y (kemandirian belajar) karena angka signifikannya sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari α 0.05 ( < α 0.05) pada angka kepercayaan 95%. Tetapi setelah dilakuakn analisis korelasi parsial dengan variabel kontrol berupa variabel Z (minat baca) diperoleh temuan bahwa variabel X (pemanfaatan perpustakaan) tidak berpengaruh secara langsung terhadap variabel Y (kemandirian belajar). Hasil perbandingan antara korelasi bivariat variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (kemandirian belajar) dan korelasi parsial (variabel X (pemanfaatan perpustakaan), variabel Y (kemandirian belajar), dan variabel Z (minat baca)) diperoleh hasil koefisien korelasi bivariat ( ) sebesar 0.588 lebih besar dari koefisien korelasi parsial ( ) sebesar 0.368. Artinya hubungan antara variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (kemandirian belajar) adalah spurious (tidak ada hubungan) karena variabel Z (minat baca) memediasi hubungan antara variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (kemandirian belajar). Ketika variabel Z (minat baca) tidak ada, maka variabel X (pemanfaatan perpustakaan) tidak akan berpengaruh terhadap variabel Y (kemandirian belajar). Hasil regresi linier menunjukkan bahwa kontribusi variabel Z (minat baca) terhadap variabel Y (kemandirian belajar) lebih besar daripada kontribusi variabel X (pemanfaatan perpustakaan) terhadap variabel Y (kemandirian belajar). Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel Z (minat baca) sebesar 0.430 lebih besar daripada koefisien regresi variabel X (pemanfaatan perpustakaan) yang besarnya 0.381. Besar pengaruh dari variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Z (minat baca) terhadap variabel Y (kemandirian belajar) sebesar 46.1% mampu meningkatkan kemandirian belajar sebesar 81%. Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Kemandirian Belajar, Minat Baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Kemandirian Belajar, Minat Baca.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:20
Last Modified: 10 Oct 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum