PEMBELAJARAN GENERAL LIFE SKILLS TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

AYU FAIZA ALGIFAHMY, NIM. 1320412247 (2016) PEMBELAJARAN GENERAL LIFE SKILLS TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN GENERAL LIFE SKILLS TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
1320412247_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN GENERAL LIFE SKILLS TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
1320412247_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan pendidikan, manusia dapat berkembang dalam kecakapan hidup umumnya (general life skills). Pembelajaran general life skills sebagai bagian dari model pendidikan merupakan salah satu studi yang ada di lembaga pendidikan dengan tujuan membantu manusia mengembangkan kecakapan hidupnya yang bermakna, baik secara individu maupun kelompok. Berkaitan dengan adanya pembelajaran general life skills pada siswa Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta, siswa dituntun untuk belajar guna mencapai kemajuan yang diharapkan. Mereka (siswa autisme) sangat memerlukan arahan, bimbingan, dan pendidikan yang intensif agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga pada akhirnya mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini menuntut semua sistem yang terkait dengan pendidikan bagi siswa autis menghadapi berbagai kendala tentang karakteristik siswa autis. Berdasarkan fenomena tersebut, maka tesis ini mengambil judul PEMBELAJARAN GENERAL LIFE SKILLS TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian field research dengan sumber data dari lapangan yaitu, Sekolah Khusus Autisme Bina anggita Yogyakarta. Adapun model penelitian yang digunakan adalah qualitative research dengan melakukan penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap yang ada pada siswa autis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran general life skills di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta banyak materi, metode dan media yang dikembangkan. Beberapa materi, metode dan media seperti mengenalkan huruf-huruf, angka-angka, dan gambar menggunakan sistem pengenalan melalui lisan guru, melalui papan tulis yang dituliskan menggunakan spidol serta media audio dan visual seperti; mendengarkan musik, bernyanyi, menari, menonton film/ video. Dari berbagai metode yang dilakukan tersebut dapat mengembangkan kecakapan hidup umum (general life skills) siswa-siswa yang ada. Seperti halnya kemampuan personal, kemampuan berpikir, kemampuan sosial. Dari hasil penelitian ini diharapkan memberikan pembelajaran terhadap anak autis dengan menggunakan metode general life skills supaya dapat menghasilkan perkembangan kemampuan personalnya, kemampuan berpikir, serta kemampuan sosial terhadap siswa/ orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah Mudzakir, BSW., MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, General Life skills, Autis
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:47
Last Modified: 03 Aug 2016 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum