STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ENTERPRENEUR DAN TAHFIDZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL)

MUHAMMAD IPLIH, SPDI, NIM. 1420410005 (2016) STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ENTERPRENEUR DAN TAHFIDZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ENTERPRENEUR DAN TAHFIDZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL))
1420410005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ENTERPRENEUR DAN TAHFIDZ (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUMTAZ PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL))
1420410005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Iplih, Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islami Di Pondok Pesantren Al-Mumtaz Islamic Boarding School Berbasis Enterpreneur dan Tahfidz (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Mumtaz Patuk Kabupaten Gunung Kidul), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Alasan umum peneliti memilih judul ini sebagai objek penelitian adalah pertama, berangkat dari UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS yang di dalamnya memuat nilai-nilai karater islami. Kedua, fenomena akhir-akhir ini yang marak terjadi banyak berkaitan dengan persoalan degradasi moral dan karakter sehingga penelitian tentang karakter penting untuk dilakukan. Secara khusus peneliti memilih melakukan penelitian lapangan (field research) di pondok pesantren Al-Mumtaz patuk kabupaten gunung kidul terkait dengan strategi internalisasi nilai-nilai karakter islami karena di pesantren tersebut sangat menekankan aspek afektif bahkan melebihi kognitif. Di samping itu, pondok pesantren Al-Mumtaz menjadikan nilai-nilai karater islami sebagai salah satu tujuan dan target outputnya. Sehingga dalam mencapai tujuan tersebut, secara otomatis membutuhkan strategi-strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berupa penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatifnaturalistik. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles dan Hubermen dengan melibatkan tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah yang peneliti angkat adalah, pertama strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami di pondok pesantren Al-mumtaz adalah strategi keteladanan, weekly moral value, pembiasaan, moral knowing, full control dan melalui kegiatan enterpreneur. Kedua, nilai-nilai karakter islami yang menonjol di pondok Al-Mumtaz adalah nilai iman dan takwa, kejujuran, kemandirian, hemat, visioner, menghargai waktu dan peduli lingkungan sekitar. Dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor yang mendukung internalisasi nilai-nilai karakter islami di Al-Mumtaz adalah lingkungan asrama, pengasuh, adanya pendampingan dari asatidz, dukungan masyarakat, dukungan pemerintah, donatur, dan membangun relasi/hubungan kerjasama dengan pesantren lain. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas yang belum memadai, guru laju, sifat bawaan santri dan orang tua wali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: strategi internalisasi nilai, karakter islami, nilai islami.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:58
Last Modified: 03 Aug 2016 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum