MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA

M ARABI, NIM. 1420410015 (2016) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420410015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

M. Arabi, "Manajemen Kepala Sekolah dalam Sistem Full Day School di MI Sultan Agung Yogyakarta", Tesis, Yogyakarta, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2016 Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui; 1) bagaimana manajemen kepala sekolah dalam sistem Full Day School di MI Sultan Agung Yogyakarta 2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen kepala sekolah dalam sistem Full Day School di MI Sultan Agung Yogyakarta. Jenis penelitian yang diteliti adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi serta Triangulasi. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, dilanjutkan ke penyajian data dan terakhir menyimpulkan serta memverifikasi data yang sudah di proses. Berdasarkan data di lapangan peneliti menemukan manajemen kepala sekolah dalam sistem full day school di MI Sultan Agung melalui empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Tahap Pertama, perencanannya meliputi bidang kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga kependidikan, peserta didik, dan pembiayaan. Tahap Kedua, pengorganisasian kepala sekolah selalu melihat kemampuan dan keahlian anggotanya dalam membagi tugas. Tahap Ketiga, penggerakkan yang dilakukan kepala sekolah meliputi memotivasi, kemimpinan kepala sekolah serta pengambilan keputusan yang selalu mengedepankan musyawarah kepada anggotanya dalam suasana rapat sebelum memutuskan suatu perkara. Tahap Keempat, pengawasan yang dilakukan kepala sekolah melalui rapat evaluasi, laporan bulanan, ebsensi, dalam pembelajaran tolak ukur pengawasannya melalui KBM, setiap semester kepala sekolah melakukan supervisi kepada guru-guru di sekolah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya dalam proses manajemen yang dilakukan kepala sekolah. adapun faktor pendukungnya adalah selalu ada kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan, pihak sekolah selalu berusaha melayani para siswa-siswa di sekolah melalui bimbingan belajar, pembinaan kegiatan pembelajaran, serta budaya sekolah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ada terdapat kekurangan sarana dan prasarana, kurang mengoptimalkan dalam pelaksanaan kedisiplinan siswa dilingkungan sekolah, masih ada kekurangan inovasi dalam mengelola bahan ajar dan kelas, serta masih terdapat kekakuan pihak sekolah dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:05
Last Modified: 03 Aug 2016 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum