NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

SITI NURUL HIDAYAH, NIM. 1420410025 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
1420410025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
1420410025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)

Abstract

SITI NURUL HIDAYAH. Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam Novelnovel Karya Asma Nadia dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Prodi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran keluarga dalam memberikan pendidikan, pengasuhan, arahan, dan bimbingan bagi seluruh anggota keluarga agar dapat tumbuh dan berkembang optimal baik secara fisik maupun psikis. Karena pendidikan tentang keluarga tidak diberikan secara khusus oleh lembaga pendidikan tertentu, maka pendidikan tentang keluarga dapat diperoleh melalui media lain, salah satunya yaitu melalui media novel. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel-novel karya Asma Nadia dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan keluarga yang terkandung di dalam novel-novel karya Asma Nadia serta relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para orangtua (pendidik) maupun calon orangtua dalam melakukan pendidikan di dalam lingkungan keluarga. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiah Darajat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data primer novel-novel karya Asma Nadia yang bertema keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode analisis konten (analysis content). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam novel-novel karya Asma Nadia meliputi empat aspek, yaitu nilai pendidikan bagi orangtua, bagi suami, bagi istri dan bagi anak. Nilai pendidikan bagi orangtua, meliputi nilai perhatian dan kasih sayang terhadap anak serta nilai tanggung jawab. Nilai pendidikan bagi suami mencakup nilai cinta dan kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keandalan diri. Nilai pendidikan bagi istri meliputi nilai hormat dan patuh, nilai setia dan dapat dipercaya, serta nilai disiplin dan keandalan diri. Nilai pendidikan bagi anak meliputi nilai patuh dan hormat, nilai cinta dan kasih sayang, serta nilai bijaksana. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam novel-novel karya Asma Nadia dengan pendidikan Islam meliputi relevansi dengan tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode pendidikan Islam serta pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, M.A.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Keluarga, Novel, Asma Nadia.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:24
Last Modified: 03 Aug 2016 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum