ANALISIS KOMPETENSI GURU TUGAS DALAM PROGRAM PENUGASAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA

SAMSUL AR, SPDI, NIM. 1420410028 (2016) ANALISIS KOMPETENSI GURU TUGAS DALAM PROGRAM PENUGASAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU TUGAS DALAM PROGRAM PENUGASAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA)
1420410028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU TUGAS DALAM PROGRAM PENUGASAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA)
1420410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SAMSUL AR, 1420410028, Analisis Kompetensi Guru Tugas Dalam Program Penugasan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar. Sejak awal berdirinya, pondok pesantren selalu menarik untuk diteliti. mulai dari kepemimpinan, model pengajaran, manajemen, sampai dengan berbagai progam yang ada di pondok pesantren. Salah satu program yang menarik untuk diteliti adalah Program penugasan yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar yang sudah berlangsung sejak tahun 1986 M. Program penugasan ini telah berdiri kurang lebih 30 tahun dan terus berlangsung sampai sekarang. Program penugasan merupakan program wajib bagi santri yang sudah lulus dari Madrasah Aliyah dan sederajat untuk melaksanakan pengabdian selama satu tahun. Santri yang ditugaskan disebut Guru Tugas (GT). Sebagai seorang guru agama Islam, memiliki kompetensi merupakan keharusan. Ada lima kompetensi yang harus dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepemimpinan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah analisis desriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dan kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan teknik trianggulasi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi Guru Tugas dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Guru Tugas dalam rangka menjawab permasalahan (1) bagaimana kompetensi Guru Tugas (2) apa saja upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Guru Tugas dalam program penugasan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar dengan tujuan dapat memberikan gambaran tentang kompetensi Guru Tugas dan kemudian dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan khususnya dalam peningkatan kompetensi Guru Tugas dan perbaikan sistem dalam program penugasan. Hasil penelitian tentang kompetensi Guru Tugas dapat dijelaskan bahwa: Pertama, kompetensi pedagogik Guru Tugas belum dikategorikan optimal dengan karena menggunakan pengajaran kovensional yaitu pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered), tidak ada variasi dalam metode mengajar, dan belum mampu mengembangkan kurikulum dalam bentuk RPP dan silabus, dan kompetensi profesional Guru Tugas belum dikategorikan optimal, karena Guru Tugas belum memenuhi qualifikasi akademik (ijazah S1), pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal. Sedangkan kompetensi kepemimpinan Guru Tugas dikategorikan optimal. Hal ini dapat dilihat kemampuan Guru Tugas dalam, merencakan, mengontrol, menjaga, dan membudidayakan pengamalan keagamaan di tempat tugas. Begitu juga dengan kompetensi kepribadian dikategorikan optimal karena Guru Tugas sudah berusia lebih dari 18 tahun, terikat dengan peraturan pondok pesantren (dasatir), dan memiliki akhlak yang baik, dan Kompetensi sosial Guru Tugas dikategorikan optimal. Ini dapat dilihat dari hubungan baik dengan peserta didik, sesama Guru Tugas dan guru yang lain, dan viii dengan masyarakat sekitar. Hubungan yang baik dengan tersebut merupakan implikasi dari kompetensi sosial Guru Tugas yang optimal. Kedua, upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Guru Tugas melalui pelatihan keguruan selama 10 s/d 15 hari; pemberian mukafaah (uang bulanan); Penanggung Jawab Guru Tugas memenuhi semua kebutuhan Guru Tugas; pengangkatan menjadi asatidz di P.P. Darul Ulum Banyuanyar; dan melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr Sabaruddin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Tugas, Program Penugasan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:26
Last Modified: 04 Aug 2016 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum