IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN)

ACHMAD DAHLAN MUCHTAR, NIM. 1420410029 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN))
1420410029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN))
1420410029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Achmad Dahlan Muchtar (1420410029). Implementasi Kurikulum PAI 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bhakti Kencana Berbah Yogyakarta. Tesis. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Perubahan merupakan suatu keniscayaan yang terjadi di dunia ini. Pendidikan sebagai penyeimbang tatanan sosial tidak lepas dari perubahan. Tuntutan kualitas pendidikan yang bermutu menjadi sebagian yang mesti dikembangkan demi merespon persaingan dunia yang semakin kompetetif. Melalui konsep perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013, pemerintah melalui Kemendikbud mencoba merelevansikan gejala perubahan yang terjadi saat ini dengan mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik. Saat ini hampir semua sekolah menerapkan Kuikulum 2013 baik itu sekolah pada umumnya, sekolah inklusi, bahkan sekolah luar biasa yang notabene mereka adalah anak-anak yang memerlukan perlakuan khusus dalam pembelajaran, Dengan demikian, penerapan kurikulum 2013 pada siswa berkebutuhan khusus perlu dikaji untuk memaksimalkan potensi peserta didik melalui perubahan Kurikulum 2013. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian adalah orang yang mampu memberikan informasi secara akurat serta terlibat lagsung dalam kegiatan penelitian dalam hal ini, Kepala Sekolah, Koordinator Bagian Kurikulum, dan Guru Mata Pelajaran PAI. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan keabsahan data (triangulasi). Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini, peneiti menggunakan empat langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, SMPLB Bhakti Kencana telah menerapkan Kurikulum 2013 sejak tahun 2014, meskipun dalam penerapannya terdapat perubahan atau modifikasi pada beberapa aspek seperti, penyesuaian pada materi, metode, media, dan penilaian. Kedua, implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI di SMPLB Bhakti Kencana dilihat dari beberapa aspek seperti, perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), dan penilaian (controlling). Pada aspek perencanaan yang digambarkan melalui RPP sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Pada aspek pelaksanaan dilihat dari skenario pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Pada aspek pelaksanaan dilihat dari skenario pembelajaran, semua prosedur seperti bertanya, mengamati dan menyimpulkan sesuai dengan Kurikulum 2013. Pada aspek media pembelajaran, beberapa media yang ditawarkan Kurikulum 2013 bisa diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus seperti penggunaan smartphone, dan lain-lain. Tetapi untuk klasifikasi Tunagrahita penggunaan media untuk satu siswa bisa berbeda dengan siswa yang lain. Pada aspek metode pembelajaran, sebagian bisa diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus meskipun mengalami penyesuaian. Pada aspek penilaian hasil belajar, beberapa bentuk penilaian seperti tes tertulis tidak bisa diterapkan pada siswa klasifikai tunagrahita. Ketiga, Problematika dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMPLB Bhakti Kencana meliputi, cakupan materi yang belum dikhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus, tawaran media dan metode belum dikuhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus, dan pembuatan silabus dan RPP yang begitu banyak sehingga menyita waktu guru yang akan berimplikasi viii pada pembelajaran. Solusi yang dapat ditawarkan adalah, membangun komunikasi pada pihak penyelenggara dalam hal ini k

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:48
Last Modified: 04 Aug 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum