PERAN HALAQAH TARBIYAH DAN KETELADANAN MURABBI DALAM PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB (STIBA) MAKASAR

IHLAS, SPDI, NIM. 1420410032 (2016) PERAN HALAQAH TARBIYAH DAN KETELADANAN MURABBI DALAM PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB (STIBA) MAKASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN HALAQAH TARBIYAH DAN KETELADANAN MURABBI DALAM PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB (STIBA) MAKASAR)
1420410032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN HALAQAH TARBIYAH DAN KETELADANAN MURABBI DALAM PENANAMAN NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB (STIBA) MAKASAR)
1420410032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ihlas. 2016. Peran halaqah tarbiyah dan keteladanan murabbi dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makasar.Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakara. Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah realitas anak muda atau peserta didik pada masa sekarang ini cenderung jauh dari nilainilai positif. Halaqah tarbiyah dan keteladanan murabbi di Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makasar telah berperan mendidik para generasi muda dalam mengurangi krisis akhlak dan moral yang terjadi pada era globalisasi saat ini.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui model halaqah tarbiyah di Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makasar. (2) Mengetahui peran halaqah tarbiyah dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa STIBA Makasar. (3) Mengetahui keteladanan murabbi dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa STIBA Makasar. (4) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa STIBA Makasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang memperhatikan, mengamati fakta, gejala, peristiwa yang terjadi kemudian dituangkan dalaam bentuk tulisan.Data yang dikumpulkan bukan berupa angkaangka melainkan data tersebut berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran halaqahtarbiyah dan keteladanan murabbi dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) meliputi, 1) Model halaqah tarbiyah,halaqahtarbiyah di STIBA Makasar merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur dalam dinamika kelompok setiap pekan sekali yang didalamnya membahas tentang kajian-kajian Islami, membentuk karakter yang Islami dan juga penanaman nilai bagi para mahasiswa adapun pesertanya dibatasi maksimal 3-12 peserta. 2) Peran halaqah tarbiyah dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa STIBA Makasar, hal ini terlihat dari materi-materi yang diajarkan dalam pertemuan halaqah tarbiyah yaitu materi tentang taqwa, nataijul ibadah, (hasil ibadah) amanah, membangun kepribadian Islami, istiqomah serta al-wafa (memenuhi janji), yang berpengaruhdalam menanamkan nilai religiusitas dan membentuk mahasiswa yang berkarakter Islami. 3) Keteladanan murabbi memiliki peran yang besar dalam penanaman nilai religius mahasiswa STIBA, keteladanan murabbi memberi dampak positif dalam pembentukan karakter, akhlak dan moral mahasiswa STIBA Makasar. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai religiusitas mahasiswa, dianalisis atau didifinisikan melalui analisis SWOT yang mempertimbangkan kekuatan (strengrhs), peluang (opportunities),kelemahan(weaknesses), ancaman ( threats).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Halaqah, Tarbiyah, Keteladanan, Murabbi, Nilai, dan Religiusitas.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:54
Last Modified: 04 Aug 2016 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21360

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum