SEQUENCE KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS DAN MA

ELA ISNANI MUNAWWAROH, SPDI, NIM. 1420410035 (2016) SEQUENCE KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS DAN MA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEQUENCE KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS DAN MA)
1420410035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SEQUENCE KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS DAN MA)
1420410035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ela Isnani Munawwaroh, S.Pd.I. Sequence Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan MI, MTs dan MA. Tesis. Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Magister Pendidikan Islam: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yang mengkaji tentang sequence KTSP mata pelajaran bahasa Arab. Kedua penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa masih ditemukan kekurangan dalam penyusunan kurikulum bahasa Arab, baik pada tujuan pembelajaran maupun bahan pelajaran bahasa Arab. Adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 seharusnya menghasilkan kualitas kurikulum yang lebih baik, karena pengembangan suatu kurikulum seharusnya merupakan perbaikan terhadap kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu, analisis terhadap kurikulum 2013 ini layak dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut sequence kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tersebut digunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan metode deskriptif analitis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang diungkapkan oleh Jack C. Richard yang mengungkapkan bahwa dalam menentukan urutan (sequence) tujuan dan materi pelajaran didasarkan pada kriteria-kriteria berikut, yaitu simple to complex, chronology, need, prerequisite learning, whole to part or part to whole dan spiral sequenceing. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, Kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 dikelompokkan menjadi tiga ranah, yakni ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Ranah sikap dibagi menjadi ranah sikap spritual dan ranah sikap sosial. Kedua ranah ini merupakan nilai-nilai yang ingin dicapai dari proses pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan kegiatan pembelajaran bahasa Arab terdapat dalam ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Dari hasil analisis terhadap empat kemahiran berbahasa pada kompetensi dasar tersebut diperoleh bahwa terdapat tiga bentuk kegiatan menyimak, delapan bentuk kegiatan berbicara, empat bentuk kegiatan membaca dan lima bentuk kegiatan menulis. Sedangkan untuk topik-topik pelajaran bahasa Arab serta tata bahasa yang disajikan disesuaikan dengan kelas tertentu. Kedua, sequence kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 jenjang MI, MTs dan MA dibagi menjadi dua, yaitu a) ranah sikap spritual dan sikap sosial. Pada ranah ini, sequence kompetensi dasar yang disajikan dimulai dari sikap-sikap yang sederhana menuju sikap-sikap yang lebih kompleks; b) ranah pengetahuan dan keterampilan, yang mencakup empat komponen berbahasa dan dua komponen bahasa. Untuk empat kemahiran berbahasa, kompetensi yang disajikan dimulai x dari bentuk yang sederhana menuju bentuk yang lebih kompleks. Namun demikian terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan, yaitu terdapat penurunan kompetensi kemahiran menyimak pada jenjang MA dan tidak adanya fokus pembelajaran kemahiran membaca dengan suara nyaring pada jenjang MI-MTs. Sedangkan untuk topik-topik pelajaran dan materi tata bahasa, sequence yang digunakan adalah spiral sequenceing, dimana terdapat beberapa pengulangan tema pada kelas selanjutnya yang merupakan pendalaman dari tema tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sequence, Kompetensi Dasar, Bahasa Arab, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:57
Last Modified: 04 Aug 2016 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum