EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA DIFABEL PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

KOMARIAH,SPSI, NIM. 1420410075 (2016) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA DIFABEL PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA DIFABEL PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1420410075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1420410075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan Penerimaan Diri Pada Penyandang Tuna Netra pada mahasiswa difabel Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Bimbingan Konseling Islami efektif dalam meningkatkan Penerimaan diri pada penyandang tunanetra. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang mahasiswa-mahasiswi penyandang Tuna Netra yang dinaungi oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen pretestposttest one group design. Alat pengumpulan data menggunakan skala Penerimaan diri yang mengacu pada aspek penerimaan diri yang dikemukakan oleh Sheerer. Analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test dengan program SPSS 16.00 for windows, diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) atau p=0,043, dimana p= 0,01 p 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest Penerimaan diri penyandang Tuna Netra. Berdasarkan hasil perhitungan statistik ini berarti Bimbingan dan Konseling Islam efektif untuk meningkatkan Penerimaan Diri pada penyandang Tuna Netra. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima atau terbukti. Hal ini mengindikasikan bahwa Semakin efektif proses Bimbingan dan Konseling Islam, maka akan semakin meningkatkan Penerimaan Diri pada Penyandang Tunanetra, begitu juga sebaliknya semakin tidak efektif proses Bimbingan dan Konseling Islam yang diberikan, maka tidak akan efektif untuk meningkatkan Penerimaan Diri pada penyandang Tunanetra. Adapun aspek yang paling dipengaruhi oleh Bimbingan dan Konseling Islam ini dari ketujuh aspek yaitu aspek perasaan tidak menyimpang dan berbeda dengan orang lain (tidak minder) dengan Asymp.Sig. (2-tailed) atau p=0,41, p0,05. Sedangkan aspek yang sangat tidak siginifikan peningkatannya melalui uji wilcoxon yaitu aspek tidak adanya penyalahan diri atas keterbatasan yang dimiliki ataupun pengingkaran kelebihan dengan Asymp.Sig. (2-tailed) atau p=0,68 dimana p 0,05

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurussa‟adah, S.Psi., M.Si.,Psi
Uncontrolled Keywords: :
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:30
Last Modified: 04 Aug 2016 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum