PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTS MATHLAUL ANWAR TANGGAMUS LAMPUNG (Ditinjau Dari Konsep Belajar Menurut Pemikiran Ibn Maskawaih)

SYAIKHOTUL FAIRUZI MAULIDA, NIM. 09420009 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTS MATHLAUL ANWAR TANGGAMUS LAMPUNG (Ditinjau Dari Konsep Belajar Menurut Pemikiran Ibn Maskawaih). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTS MATHLAUL ANWAR TANGGAMUS LAMPUNG (Ditinjau Dari Konsep Belajar Menurut Pemikiran Ibn Maskawaih))
09420009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTS MATHLAUL ANWAR TANGGAMUS LAMPUNG (Ditinjau Dari Konsep Belajar Menurut Pemikiran Ibn Maskawaih))
09420009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syaikhotul Fairuzi Maulida,”Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VII di MTs Mathla’ul Anwar Tanggamus Lampung ( Ditinjau dari Konsep Belajar Menurut Pemikiran Ibn Miskawaih)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian antara konsep belajar menurut pemikiran Ibn Miskawaih dengan proses pembelajaran yang berlangsung pada kelas VII di MTs Mathla’ul Anwar Tanggamus Lampung. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru pada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan bahsa Arab pada khususnya. Berkaitan dengan tema yang penulis angkat, penulis berharap dapat mengetahui cara pembentukan karakter di dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruh karakter peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan konsep belajar menurut pamikiran Ibn Miskawaih, sehingga dengan kesesuaian tersebut dapat menciptakan semangat belajar, mendapat kenyamanan dalam proses pembelajaran dan terciptanya pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil objek penelitian di MTs Mathla’ul Anwar Tanggamus Lampung. Pengambilan data dilakukan dengan Wawancara, Observasi,dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII. Data hasil dari penelitian di analisis menggunakan metode trianggulasi, untuk mengetahui validitas hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat kesesuain antara konsep belajar menurut Ibn Miskawaih dengan proses pembentukan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Matla’ul Anwar tanggamus lampung. (2) kesamaan yang ditemukan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh asal ilmu dari segala ilmu yaitu Al- Qur’an dan Hadist. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Konsep Belajar, Pemikiran Ibn Miskawaih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Konsep Belajar, Pemikiran Ibn Miskawaih.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2016 09:57
Last Modified: 14 Sep 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum