ANALISIS ISI BUKU TEKS “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB UNTUK KELAS IX MTS/SMP ISLAM” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (PENDEKATAN KOMUNIKATIF)

INDRA DZIKRI ANSHORI, NIM: 09420099 (2016) ANALISIS ISI BUKU TEKS “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB UNTUK KELAS IX MTS/SMP ISLAM” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (PENDEKATAN KOMUNIKATIF). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB UNTUK KELAS IX MTS/SMP ISLAM” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (PENDEKATAN KOMUNIKATIF))
09420099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB UNTUK KELAS IX MTS/SMP ISLAM” KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (PENDEKATAN KOMUNIKATIF))
09420099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indra Dzikri Ansori, Analisis Isi Materi Buku Teks Ayo Memahami Bahasa Arab Untuk MTs/SMP Islam Kelas IX Karya A. Syaekhuddin dan Hasan Saefullah. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi materi buku teks dengan prinsip buku teks yang baik dan kesesuaiannya dengan pendekatan komunikatif. Kesesuaian materi buku ini dilihat dari pokok analisisnya yaitu kompetensi gramatika, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi kewacanaan dan kompetensi strategis. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan cara pengambilan datanya dari bahan-bahan tertulis (khususnya berupa kajian teori). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dari sumber data primer (sumber asli) dan sumber data sekunder (sumber bukan asli). Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis isi kualitatif yang meliputi ringkasan, eksplikasi, pentahapan dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa isi materi buku teks Ayo Memahami Bahasa Arab Untuk MTs/SMP Islam kelas IX karya A. Syaekhudin dan Hasan Saefullah telah memenuhi kriteria buku teks yang baik dan sesuai dengan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab, materi yang disajikan sesuai dengan konteks sosial pesertadidik. Materi buku teks ini dilengkapi dengan empat kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) dan disertai pembelajaran tata bahasa Arab. Dilihat dari empat komponen pendekatan komunikatif (komponen gramatika, komponen sosiolinguistik, komponen kewacanaan dan komponen strategis) buku ini sesuai dengan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Rodli, M.Ag
Uncontrolled Keywords: menganalisis, materi buku teks, pendekatan komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2016 09:57
Last Modified: 14 Sep 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum