PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA BROKEN HOME MELALUI KONSELING KELOMPOK ISLAMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

ERNA RETNANINGSIH, S PD, NIM. 1420410117 (2016) PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA BROKEN HOME MELALUI KONSELING KELOMPOK ISLAMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA BROKEN HOME MELALUI KONSELING KELOMPOK ISLAMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA BROKEN HOME MELALUI KONSELING KELOMPOK ISLAMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Erna Retnaningsih (1420410117). Pengembagan Konsep Diri Posistif Siswa Broken Home Melalui Konseling Kelompok Islami (Studi Eksperimen Pada Siswa SMP 2 Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016). Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi dilapangan yang menunjukkan bahwa sebagian besar permasalahan yang terjadi di SMP 2 Bantul dialami oleh anak-anak yang berasal dari keluarga broken home, mereka menunjukkan perilaku yang negatif dengan mudah tersinggung ketika dikritik, cepat marah bahkan hampir berkelahi, bangga sekali ketika ada guru yang memuji, sering meremehkan teman atau guru, sering melanggar tata tertib sekolah, merasa dikucilkan teman-temannya, sulit mendapatkan teman akrab, dan tidak ada keinginan untuk berkompetisi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa-siswa tersebut mempunyai konsep diri yang negatif, sehingga perlu penanganan yang efektif berupa pemberian konseling kelompok islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok Islami dalam mengembangkan konsep diri positif siswa broken home di SMP 2 Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan konseling Realitas berbasis Islam yang dirancang menggunakan one group pre-test and posttest design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik purposive sampling digunakan untuk memperoleh subjek penelitian yang berasal dari keluarga broken home dan konsep dirinya negatif berjumlah 6 siswa. Pemberian layanan konseling dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 4 pertemuan, selama 80 menit setiap pertemuan. Metode pengumpulan data dengan skala konsep diri, angket, observasi, dan wawancara. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 17.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Islami terbukti efektif mengembangkan konsep diri siswa broken home SMP 2 Bantul. Hal tersebut dapat dilihat pada out put perhitungan statistik nonparametris uji wilcoxon dengan hasil 0,027 0,05 dan Z = -2,214a artinya bahwa skor konsep diri mengalami peningkatan yang signifikan antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan serta mengalami peningkatan rata-rata skor antara pre-test dan post-test. Hasil penelitian juga didukung angket, observasi, dan wawancara dengan hasil bahwa siswa mampu mengembangkan konsep diri positifnya setelah pemberian konseling kelompok Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Noorjannah, M, Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Islami, Konsep Diri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:07
Last Modified: 04 Aug 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item