PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ANIFATUS SAIDAH, NIM. 1420410133 (2016) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420410133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420410133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anifatus Saidah, 2016. Pengaruh Self-Regulated dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara self-regulated learning dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab pada siswi Madrasah Aliyah Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian analisis regresi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas X MA Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling yaitu 120 siswi pada kelas multilingual yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas C, D dan E yang menetap di asrama. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan di antaranya dari kemampuan peneliti yaitu dilihat dari segi tujuan, tenaga dan waktu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Untuk menguji keterandalan instrument dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22,00. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara self-regulated learning dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswi MA Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Self-regulated learning (X1) memberikan kontribusi sebesar 28,2%, kontribusi kemandirian belajar (X2) sebesar 18,5% dan kontribusi keduanya secara bersama-sama sebesar 11,9% sedangkan sisanya 88,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian seperti motivasi, kedisiplinan, lingkungan belajar, metode, gaya mengajar guru, sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran yang turut mendukung. Dari kesemua faktor yang mendukung keberhasilan meraih prestasi belajar juga dibutuhkan strategi dan upaya yang gigih dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, kemandirian belajar dan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:15
Last Modified: 04 Aug 2016 04:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item