KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH GUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL

YUSRAIN, SPDI, NIM. 1420410134 (2016) KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH GUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH GUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL)
1420410134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH GUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL)
1420410134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yusrain, Konseling Realita Berbasis Al-Hikmah Guna Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Anak Tuna Daksa SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah konseling realita berbasis alh ikmah bisa meningkatkan penerimaan diri anak tuna daksa. Penerimaan diri pada anak tuna daksa itu sangat penting guna mengembangkan potensi yang dimilikinya. Apabila anak tuna daksa memiliki penerimaan diri yang tinggi maka akan membuat mereka lebih percaya diri dan optimis dalam menggapai harapan, impian dan citacita yang mereka pahami dan sadari sesuai dengan kondisi mereka, kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. Penggunaan unsur Islam yaitu al-hikmah dalam layanan konseling merupakan bagian dari konsep dakwah dalam konseling realita adalah untuk mengajak manusia untuk berubah dari situasi yang mengandung nilai kehidupan yang bukan islami kepada nilai kehidupan yang islami, melalui pola berfikir yang bijak dalam memandang sesuatu dan mengambil sebuah manfaat dari sebuah kejadian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen model one group pretest and posttest design yang melibatkan 4 anak siswa tuna daksa SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Penentuan subjek dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala penerimaan diri. Data yang terkumpul di analisis menggunakan uji beda Wilcoxon signed ranks test. Hasil analisis Wilcoxon diperoleh nilai sig. 0,046 0,05 dengan Z= -2,000. Ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan penerimaan diri anak tuna daksa sebelum dengan sesudah pemberian perlakuan atau layanan konseling, Sedangkan dari hasil uji beda selisih nilai pre-test dengan post-test diperoleh nilai mean 85,50 menjadi 125,50. Ini berarti terdapat perbedaan selisih skor antara sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling realita berbasis al-hikmah mampu meningkatkan penerimaan diri anak tuna daksa. Diantara teknik al-hikmah yang dimaksud disini adalah diantaranya melalui nasihat yang berisi pengajaran dan pembinaan moral, memberikan motivasi dan ancaman dengan menjelaskan/ menyebutkan janji Allah kepada orang yang taat dan bersyukur, melalui cerita bijak yang dapat membangkitkan semangat seperti cerita inspiratif, kata mutiara/bijak, lagu motivasi yang bisa menggugah semangat, dan keteladanan bisa melalui contoh, ucapan yang baik dan sosok inspiratif atau biografi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling realita berbasis al-hikmah dapat meningkatkan penerimaan diri pada anak tuna daksa. Oleh karena itu konsep al-hikmah melalui pola berfikir yang bijak dapat mewujudkan konsep diri Islami. Yakni seseorang mengenal dirinya sendiri, harapannya terhadap diri sendiri, dan penilaiannya terhadap diri sendiri selalu dikaitkan dengan konsep manusia sebagai hamba Allah, manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan manusia harus bertanggungjawab atas segala perbuatannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Musthafa, M.Si.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:17
Last Modified: 04 Aug 2016 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum