PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG)

AKHMAD SETYAWAN, NIM. 1420140137 (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG))
1420410137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG))
1420410137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Akhmad Setyawan, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup perspektif Tasawuf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang), Tesis: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya sebuah kurikulum yang merupakan salah satu aspek dalam berjalannya lembaga pendidikan. Tidak adanya kurikulum pada suatu lembaga pendidikan, maka lembaga pendidikan tersebut tdak akan berjalan dengn baik. Kurikulum yang baik ialah kurikulum yang mampu mencipkan lulusan yang baik dengan memiliki keterampilan hidup. Maka perlunya pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf. Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup serta dengan nilai tasawuf menjadi bekal perserta didik terjun ke masyarakat dan bergunan bagi dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang. Subyek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, guru mata pelajaran pendidikan kecakapan hidup, dan santri Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik keadsahan data menggunakan triangulasi data dan metodologis. Sedangkan analisis data dengan langkah pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang melakukan pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf dengan memberikan program teknik komputer dan jaringan, mutimedia, tata busana. Perspektif tasawuf dilakukan dengan model diskrit yang dengan penambahan muatan lokal pengajaran kitab wasiatul mustofa, taisyirul kholaq, attahliyah wal targhib fit tarbiyah wat tahdzib, dengan tambahan kegiatan mujahadah. Pengembangan kurikulum dilakukan setiap satu tahun ajaran selesai

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abdur Rachman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Kecakapan Hidup perspektif Tasawuf
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:20
Last Modified: 04 Aug 2016 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum