MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP SISTEM SEGREGASI GENDER DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)

NITA ROHMAWATI, SPDI, NIM. 1420410143 (2016) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP SISTEM SEGREGASI GENDER DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP SISTEM SEGREGASI GENDER DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA))
1420410143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP SISTEM SEGREGASI GENDER DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA))
1420410143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nita Rohmawati, Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Sistem Segregasi Gender di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Ngaglik, Sleman, Yogyakarta), Tesis, Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya suatu praktik segregasi gender dalam pendidikan yang dilakukan oleh beberapa lembaga pendidikan Islam pada tahun 1930, akan tetapi praktik pendidikan tersebut kemudian memunculkan sebuah kritik serta penolakan yang dilontarkan kelompok-kelompok nasionalis pada saat itu, kelompok nasionalis berpendapat bahwa praktik segregasi gender dalam pendidikan tidak berpihak kepada perempuan dan akan melanggengkan tradisi kekerasan laki-laki dan marjinalisasi perempuan. Sedangkan Islam itu sendiri dalam Al-Qur’an telah mengajarkan suatu nilai-nilai keadilan dan kesetaraan bagi laki-laki dan perempuan. Keberadaan Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam diharapkan mampu memainkan peran yang sangat penting karena keterlibatannya dalam proses tranformasi ilmu serta media sosialisasi formal dimana keyakinan, norma, dan nilainilai Islam ditransmisikan serta ditanamkan melalui berbagai aktifitas pengajaran, salah satunya nilai-nilai keadilan dan kesetaraan gender bagi laki-laki dan perempuan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Akses dan Partisipasi peserta didik laki-laki dan perempuan pada tahap perencanaan manajemen peserta didik di MA Sunan Pandanaran. (2) Bagaimana Akses dan Partisipasi peserta didik laki-laki dan perempuan pada tahap pengelolaan manajemen peserta didik di MA Sunan Pandanaran. (3) Bagaimana analisis manajemen peserta didik terhadap sistem segregasi gender berdasarkan indikator GAP (Gender Analysis Pathaway) yang diterapkan di MA Sunan Pandanaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, Akses dan Partisipasi peseta didik laki-laki dan perempuan pada tahap perencanaan terdapat dua kecenderungan gender yaitu kebijakan netral gender dan bias gender. Kebijakan netral gender terdapat pada proses rekruitmen, seleksi serta orientasi, sedangkan kebijakan bias gender terdapat pada proses penentuan jumlah peserta didik baru, serta penempatan peserta didik. Kedua, Analisis akses dan partisipasi peserta didik laki-laki dan perempuan pada tahap pengelolaan terdapat tiga kecenderungan gender yaitu kebijakan responsif gender, netral gender serta bias gender. Kebijakan responsif gender terdapat pada proses pembelajaran dan kebijakan netral gender terdapat pada beberapa kebijakan terkait tata tertib peserta didik, sedangkan terkait beberapa program HTT serta UKM bermuatan bias gender. Ketiga, analisis berdasarkan GAP terdapat empat tahapan yaitu Analisis kebijakan yang dalam perumusannya berpegang teguh pada dasar agama dengan menerapkan sistem segregasi gender; Reformulasi kebijakan dengan memanfaatkan agenda rapat rutin untuk menyoroti jalannya kegiatan; Menentukan langkah selanjutnya mengenai keberlanjutan agenda tersebut; dan Pelaksanaan yang simultan seperti proses rekruitmen dan seleksi. Namun, tahapan orientasi, penempatan, dan beberapa kegiatan ekstra-intra dilaksanakan terpisah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Ema Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik, Lembaga Pendidikan Islam, Segregasi Gender
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:25
Last Modified: 04 Aug 2016 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum