MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB

MUHARIADI MUSLIM, NIM. 1420410144 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB)
1420410144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB)
1420410144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muh Ariadi Muslim, MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB. Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri NTB. Pokok permasalahan yang dibahas adalah 1) Bagaimana fungsi perencanaan dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 2) Bagaimana fungsi pengorganisasian dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 3) Bagaimana fungsi implementasi dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 4) Bagaimana fungsi evaluasi dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 5) Bagaimana dampak manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri terhadap prestasi santri? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan ilmu manajemen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dengan beberapa langkah, yaitu reduksi data, display dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) Fungsi perencanaan dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab mencakup program tahunan, program semester dan RPP dengan pokok bahasan yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pokok, kegiatan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian dan sumber belajar. 2) Fungsi pengorganisasian manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan pokok bahasan yang meliputi penjelasan tentang kelas tradisional yang menjadi model kelas utama di pondok pesantren Nurul Hakim Kediri NTB. 3) Fungsi implementasi manajemen pembelajaran bahasa Arab membahas tentang program kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan memberikan evaluasi pembelajaran. 4) Fungsi evaluasi manajemen kurikulum bahasa Arab dilaksanakan dengan mengevaluasi kegiatan akademik guru, melihat hasil belajar siswa dan mengamati tingkah laku atau sikap siswa. 5) Dampak manajemen pembelajaran bahasa Arab terhadap prestasi santri dapat dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan yaitu muhadharoh, lomba pidato bahasa Arab, cerdas cermat bahasa Arab, debat bahasa Arab, membuat majalah dinding bahasa Arab, muhadatsah Arabiyah, lomba qiro’atu kutubi turats al islamiyah dan penentuan hari berbahasa Arab dan Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren Nurul Hakim
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:26
Last Modified: 04 Aug 2016 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum