PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KHAT DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA PONOROGO

DEDI MUSTOFA, SPDI, NIM. 1420410162 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KHAT DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KHAT DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA PONOROGO)
1420410162_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KHAT DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA PONOROGO)
1420410162_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dedi Musthofa. 2016. Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Khat Dan Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting.melalui menulis seseorang akan dapat lebih mudah menyampaikan pesan secara tulisan serta dapat memahami dan mengingat pesan dari sebuah naskah atau teks. Namun, menulis bahasa Arab itu sendiri tidak terlepas dari kemampuan menguasai khat. Tanpa memiliki pemahaman tentang khat yang baik, memungkinan seseorang mengalami kesalahan dalam menulis huruf Arab bahkan dalam memahami pesan dari sebuah teks bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan khat terhadap kemampuan bahasa Arab dan perilaku keagamaan siswa MA Darul Huda Ponorogo dengan mencari seberapa besar hubungan dan pengaruhnya dengan bantuan program SPSS. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan mengambil lokasi di MA Darul Huda Ponorogo Jawa Timur. Teknik pengumpulan data meliputi observasi yang meliputi pengamatan dan lain-lain kemudian dengan menyebarkan angket kepada kelas X yang menjadi sampel serta pengambilan nilai hasil ujian semester gasal dan selanjutnya dilengkapi dengan wawancara dengan beberapa pihak yang diperkirakan dapat menambah informasi yang akurat. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, kemudian ditarik kesimpulan sebagai hasil dari penelitian ini. Setelah melakukan penelitian dan pengolahan hasil dari penelitian, memperoleh hasil penelitian sebagaiberikut : 1) ada hubungan yang positif antara kemampuan bahasa Arab dengan penguasaan khat siswa dengan nilai r hitung lebih besar r tabel (0,612 0,138) dengan koefisien determinasi 23,0% dan yang 77,0% dipengaruhi oleh faktor lain . 2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan bahasa Arab dengan perilaku keagamaan siswa dengan nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,215 0,138) dengan koefisien determinasi 18,3% dan yang 81,7% dipengaruhi oleh fator lain. 3) kemampuan bahasa Arab berpengaruh 23,0% terhadap penguasaan khat siswa dan berpengaruh 18,3% terhadap perilaku keagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Hj. Sri Sumarni,M.Pd
Uncontrolled Keywords: penguasaan khat , kemampuan bahasa Arab dan perilaku keagamaan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:12
Last Modified: 04 Aug 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum