EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA (STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI PONDOK PESANTREN)

ISTI BANDINI, SPD, NIM. 1420410171 (2016) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA (STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI PONDOK PESANTREN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA (STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI PONDOK PESANTREN))
1420410171_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA (STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI PONDOK PESANTREN))
1420410171_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bandini, Isti, 2016, Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Guna Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa MTsN Wonokromo Yang Tinggal di Pondok Pesantren). Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si,Psi Pesantren merupakan pilihan yang tepat dalam pembentukan karakter anak usia remaja. Namun berdasarkan pada observasi, wawancara dan data Bimbingan dan Konseling (BK) terdapat beberapa perilaku sebagian siswa santri yang mengindikasikan kurangnya penyesuaian diri siswa santri pada tahun pertama di pesantren.Dengan demikian perlu diberikan jenis bimbingan yang dapat membantu kesulitan siswa santri dalam penyesuaian diri di pondok pesantren.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII MTsN Wonokromo tahun pelajaran 2015/2016 yang tinggal di pondok pesantren.Jenis penelitian yang dilakukan adalah one group pre test – post test untuk melakukan penelitian.Melalui desain ini penelitian dilakukan hanya pada satu kelompok dengan melakukan dua kali pengukuran yaitu O1 (pre test) untuk mengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Pengukuran yang kedua O2 (post test) dilakukan untuk mengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri setelah diberi layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Adanya perbedaan antara pre testdan post test diasumsikan sebagai efek dari perlakuan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan penyesuaian diri siswa santri pada aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi / adaptation, konformitas / conformity dan penguasaan / mastery, melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Wonokromo yang tinggal di pondok pesantren, sebelum diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam siswa santri memiliki tingkat penyesuian diri dengan kriteria rata-rata sedang yaitu 60,26%, sesudah diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam kemampuan penyesuaian diri santri menjadi tinggi yaitu 74,38%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 14,12% dengan tingkat signifikansi α = 0,05 atau 5%. Peningkatan tersebut meliputi aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation) sebesar 15,39%, penyesuaian diri sebagai konformitas (conformity) sebesar 13,05%, dan penyesuaian diri sebagai penguasaan (mastery) sebesar 13,20%. Analisis Wilcoxon tentang upaya meningkatkan penyesuaian diri siswa santri melalui bimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Wonokromo yang tinggal di pondok pesantren menunjukkan hasil uji dengan harga Zhitung 4,937 lebih besar dari Ztabel 1,96 dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan kemampuan penyesuaian diri siswa santri meningkat setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Dengan kata lain, penyesuaian diri siswa santri dapat meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si,Psi.
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Bimbingan Kelompok Berbasis Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:17
Last Modified: 04 Aug 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum