EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS X MA NURUL HUDA CILACAP, JAWA TENGAH)

AMAL KUWATUN, SPDI, NIM. 1420410200 (2016) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS X MA NURUL HUDA CILACAP, JAWA TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS X MA NURUL HUDA CILACAP, JAWA TENGAH))
1420410200_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS X MA NURUL HUDA CILACAP, JAWA TENGAH))
1420410200_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Amal kuwatun, Efektivitas Konseling Realita Berbasis Islam Guna Meningkatkan Self esteem siswa (Studi Eksperimen Siswa kelas X MA Nurul Huda Cilacap Jawa Tengah ). Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Konseling Realita Berbasis Islam Guna Meningkatkan Self Esteem Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan menggunakan desain penelitian eksperimen pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Nurul Huda Cilacap Jawa Tengah. Yang berjumlah 18 peserta didik dipilih secara random assignment. kemudian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen Data penelitian diambil dengan menggunakan pre-test, observasi, wawancara, kuesioner (angket). Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan Uji T-Test. Independen sample test untuk menganalisis perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan paired sample test untuk menganalisis perbedaan hasil Pre-test dan post- test pada Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling realita berbasis islam efektif untuk meningkatkan self esteem siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada output analisis independent sample test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai Sig. 0,0090,05 yang artinya terdapat peningkatan pada kelompok eskperimen sebelum dan sesudah dilakukan konseling, sedangkan pada analisis paired sample test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai Sig 0,006 0,05 yang artinya ada perbedaan skor siswa sebelum dan sesudah perlakuan konseling, pada kelompok kontrol diperoleh nilai Sig. 0,2280,05 yang artinya tidak ada perbedaan pada siswa pada skor pre-test dan post-test pada kelompok kontrol. Sedangkan pada uji beda selisish skor pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai mean, 0,567 pada kelompok eksperimen, dan diperoleh nilai mean 0,167 pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan selisih nilai Pre-test dan Post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling realita berbasis islam efektif untuk meningkatkan self esteem peserta didik MA Nurul Huda Cilacap Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Musthofa,S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Realita, Berbasis Islam, Self esteem
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:38
Last Modified: 04 Aug 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum