PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA BATUKERBUY KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN

ANNA ZULFA, NIM. 1420410206 (2016) PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA BATUKERBUY KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA BATUKERBUY KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN)
1420410206_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA BATUKERBUY KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN)
1420410206_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anna Zulfa. Persepsi Masyarakat Nelayan terhadap Peran Guru Pendidikan Agama Islam di Desa Batukerbuy Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Dosen Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. Penelitian ini didasari oleh persepsi/pandangan masyarakat nelayan di Desa Batukerbuy yang menganggap guru PAI sebagai orang yang mampu menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Desa. Implikasinya guru PAI memiliki peran ganda, yaitu sebagai pendidik di sekolah dan problem solving dimasyarakat. Fokus penelitian ini adalah menjawab pertanyaan peneliti: 1. Persepsi masyarakat nelayan tehadap peran guru PAI di Desa Batukerbuy, 2. Peran guru PAI di Desa Batukerbuy, dan 3. Persepsi Masyarakat nelayan terhadap Implikasi guru PAI Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) karena mengambil data dari lapangan, yaitu Desa Batukerbuy, Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif induktif di mana dalam menafsirkan suatu data dituangkan dalam bentuk narasi deskripsi dari data yang bersifat khusus ke yang bersifat umum. Langkah dalam melakukan analisis data ini adalah dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, memilih dan memilah mana yang penting dan mana yang tidak penting kemudian dipelajari dan terakhir membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian ini adalah: Secara umum persepsi Masyarakat Nelayan terhadap peran guru PAI sudah cukup baik, yaitu (a) Guru PAI yang memiliki wawasan ilmu agama Islam yang luas, (b) Guru PAI sebagai tokoh masyarakat, (c) Guru PAI yang memiliki akhlak mulia, (d) Guru PAI yang mendukung dan mengayomi masyarakat sekitar, (e) Guru PAI sosok yang dapat bergaul dengan baik dalam berbagai macam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat, dan (f) Guru PAI yang memiliki kesamaan dengan kyai dan ustadz. Dari segi persepi miring terhadap peran guru PAI adalah: (a) dari segi keteladanan belum bisa memberikan contoh dengan baik, (b) dari segi sosialisasi dengan masyarakat belum bisa menjaga hubungan dengan baik, dan (c) dari segi agama/ibadah belum bisa memberi contoh yang baik. Sedangkan peran Guru PAI sebagai: (a) Guru PAI berperan sebagai motivator, (b) Guru PAI berperan sebagai pengelola pembelajaran, (c) Guru PAI berperan sebagai konselor. Secara umum Persepsi Masyarakat Nelayan terhadap implikasi guru PAI adalah: (a) Guru sebagai pemimpin, (b) dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat desa Batukerbuy, dan (c) mampu menciptakan suasana baru yang kreatif dan juga mengedepankan kehidupan warga masyarakat dengan cara berpikir yang rasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat Nelayan, Peran Guru PAI
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:42
Last Modified: 04 Aug 2016 07:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item View Item