PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TSAQOFAH, SCINCE TECH DAN GEOPOLITIK YANG TERINTEGRASI PADA SANTRI PUTRI SMP DAN SMA DI HOMESCHOOLING PANATAGAMA YOGYAKARTA

YANA DWI CHRISTANTI SPDI, NIM. 1420410222 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TSAQOFAH, SCINCE TECH DAN GEOPOLITIK YANG TERINTEGRASI PADA SANTRI PUTRI SMP DAN SMA DI HOMESCHOOLING PANATAGAMA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TSAQOFAH, SCINCE TECH DAN GEOPOLITIK YANG TERINTEGRASI PADA SANTRI PUTRI SMP DAN SMA DI HOMESCHOOLING PANATAGAMA YOGYAKARTA)
1420410222_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TSAQOFAH, SCINCE TECH DAN GEOPOLITIK YANG TERINTEGRASI PADA SANTRI PUTRI SMP DAN SMA DI HOMESCHOOLING PANATAGAMA YOGYAKARTA)
1420410222_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yana Dwi C, Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Tsaqofah Islamiyah, Science Tech dan Geopolitik yang Terintegrasi pada Santri Putri SMP dan SMA di Homeschooling Panatagama, Yogyakarta, 2016. Tujuan penelitian yaitu. (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Tsaqofah Islamiyah, Science Tech dan Geopolitik yang terintegrasi, pada santri putri SMP dan SMA di homeschooling Panatagama, (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Tsaqofah Islamiyah, Science Tech dan Geopolitik yang terintegrasi, pada santri putri SMP dan SMA di homeschooling Panatagama Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ), sifat dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data, Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sementara itu, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa mata pelajaran Tsaqofah Islamiyah dipelajari agar santri terikat dengan hukum syariah islam dalam kehidupannya. Mata pelajaran Science Tech bertujuan membangun pola berfikir rasional ilmiah yang tidak dikotomis dengan pembelajaran Tsaqofah Islamiyah, guna mewujudkan tuntutan syariah. Mata pelajaran Geopolitik dipelajari dengan tujuan memahami posisi, potensi pemanfaatan geografis suatu wilayah, serta membangun kemampuan konstruksi tata ruang dengan pemahaman konstelasi internasional dalam perspektif Islam. Materi pelajaran jenjeng kelas lebih tinggi semakin padat dan sedikit. Pendekatan pembelajran menggunakan pendekatan pengalaman, keagamaan, individu, kelompok, pembiasaan dan rasional yang berpusat pada ustadz/ ustadzahah dan santri. Metode pembelajaran yang digunak adalah Hafalan, Bandongan, Sorogan, Mukhawarah, Ceramah, Resitasi,Tanya Jawab, Diskusi, Eksperimen, Kerja Kelompok, Sosiodrama, Studi Wisata. Media pengajaran yang digunakan LCP, Proyektor, Laptop, White bord, spidol, penghapus, buku pegangan ustadz/ustadzah, Al Quran, buku catatan, buku dan alat tulis santri, evalusai jangka pendek meliputi tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS), evaluasi jangka santri kelas XII akir ditugaskan magang ditempat dimana santri memiliki ketertarikan pada bidang yang di minati selama satu bulan Faktor pendorong dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alaisis SWOT; Kelebihan (Strenght), santri belajar sesuai dengan apa yang di sukai dan minati, dengan thariqah pembelajaran talaqan fikrian santri dapat belajar langsug pada objek yang dipelajari. Kelemahan (Weakness) mata pelajaran yang dirancang sendiri tidak sesuai kurikulum pendidikan nasional, kurangnya sarana dan prasana pembelajaran, Peluang (Opportunity), Memberi peluang bagi sumber daya manusia yang berkualitas untuk berperan dalam proses pembelajaran, santri dapat memperkenalkan islam ke warga sekitar yang non islam. Ancaman (Threats), pengaruh kemajuan teknologi dapat menimbulkan masuknya budaya asing yang berdampak negatif bagi santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Pembelajaran Tsaqofah Islamiyah, Science Tech, dan Geopolitik.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:47
Last Modified: 04 Aug 2016 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum