BIBLIOTERAPI ISLAMI GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA DAKSA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 2 SEWON)

SUPRIHATIN, NIM. 1420410224 (2016) BIBLIOTERAPI ISLAMI GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA DAKSA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 2 SEWON). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIBLIOTERAPI ISLAMI GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA DAKSA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 2 SEWON))
1420410224_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIBLIOTERAPI ISLAMI GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA DAKSA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 2 SEWON))
1420410224_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Suprihatin, S.Pd.: Biblioterapi Islami Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tuna Daksa (Studi Eksperimen pada siswa SMP Negeri 2 Sewon). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang mengenai penggunaan pustaka atau bacaan yang bersifat Islam yang dijadikan sebagai materi dalam salah satu layanan konseling yang disebut dengan biblioterapi Islami. Dilaksanakan di SMP negeri 2 Sewon, diperuntukan anak tuna daksa dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah biblioterapi Islami dapat meningkatkan kepercayaan diri anak tuna daksa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen, yang bertujuan untuk menguji efektivitas biblioterapi Islami dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tuna daksa. Eksperimen menggunakan one group pre and posttest design, melibatkan 4 (empat) anak tuna daksa di SMP Negeri 2 Sewon. Penentuan subjek dipilih dengan kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian (nonprobability sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kepercayaan diri (ri=0,331-0,609 =0,884), angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak tuna daksa (subjek penelitian) antara sebelum dengan sesudah pemberian layanan biblioterap islami (manipulasi), dengan Z = - 1,997 dan p-value = 0,046 (p-value 0,050). Nuansa praktis layanan biblioterapi Islami memudahkan subjek penelitian dalam memahami dan mempraktekkan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diantara ajaran yang dimaksud ialah keyakinan terhadap kemampuan diri yaitu yakin dapat menyelesaikan setia menemui permasalahan hidup, dan tidak merasa rendah diri, optimis yaitu selalu bersemangat dalam hidup dan tidak mudah putus asa, obyektif yaitu sanggup menerima kegagalan maupun kesuksesan, tanggung jawab yaitu berani menerima resiko dari apa yang telah diperbuat dan rasional realistis dapat mencari penyebab permasalahan yang dihadapi dan tidak khawatir dalam menghadapi masa depan. Hal inilah yang mampu meningkatkan kepercayaan diri masing-masing subjek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah biblioterapi islami dapat meningkatkan kepercayaan diri anak tuna daksa. Oleh karena itu, temuan hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan metode konseling islami untuk meningkatkan kepercayaan diri anak tuna daksa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nuryaooah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Biblioterapi Islami, K epercayaan Diri, Anak Tuna Daksa.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:59
Last Modified: 04 Aug 2016 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum