PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK KELAS VII DI MTS AL-QUR’AN BINAUL UMMAH PLERET BANTUL

HARUMALIA KAMASITA, NIM. 1420411009 (2016) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK KELAS VII DI MTS AL-QUR’AN BINAUL UMMAH PLERET BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK KELAS VII DI MTS AL-QUR’AN BINAUL UMMAH PLERET BANTUL)
1420411009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK KELAS VII DI MTS AL-QUR’AN BINAUL UMMAH PLERET BANTUL)
1420411009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Harumalia Kamasita (1420411009): Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur‟an Untuk Kelas VII Di MTs Al- Qur‟an Binaul Ummah Pleret Bantul. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan lembaga formal MTs Al-Qur‟an Binaul Ummah, untuk memiliki materi pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum bahasa Arab kelas VII di MTs Al-Qur‟an Binaul Ummah sekaligus mendukung program utama dan visi di MTs Al-Qur'an Binaul Ummah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur'an bagi siswa kelas VII di MTs Al- Qur'an Binaul Ummah dan menguji kelayakan materi pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan menurut Dick & Care. Pengembangan dilakukan dalam sembilan langkah yaitu: 1) Melakukan analisis kebutuhan dan menentukan tujuan produk yang akan dikembangkan, 2) Melakukan Analisis Instruksional, 3) Mengidentifikasi tingkah laku awal/ Karakteristik siswa, 4) Merumuskan tujuan kinerja, 5) Mengembangan Tes Acuan patokan, 6) Mengembangkan strategi pengajaran, 7) Mengembangkan materi pembelajaran, 8) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, 9) Melakukan revisi. Hasil penelitian berupa buku ajar berbasis al-Qur‟an berjudul تّيبرعلا تغللا" "تّينآرقلا , yang ditujukan bagi siswa kelas VII MTs Al-Qur‟an Binaul Ummah Pleret Bantul. Buku ajar ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan merujuk kepada kurikulum bahasa Arab di MTs Al-Qur‟an Binaul Ummah. Komponen buku ajar terdiri dari: 1) Sampul depan, 2) Kata Pengantar, 3) Daftar isi, 4) Petunjuk penggunaan buku 5) Tujuan pembelajaran, 6) Halaman awal setiap bab pelajaran, 7) Materi pembelajaran yang terdiri atas lima bab pelajaran, yaitu: ,ناوللاا ,تيبلا ,ةرسلأا ,تسردملا ,فراعتلا 8) Kamus kosakata, 9) Kamus ayat-ayat al-Qur‟an, 10) Teks Istimā‟, 11) daftar rujukan, 12) Sumber pengambilan gambar Untuk mengukur kelayakan materi pembelajaran bahasa Arab dilakukan uji validasi oleh ahli desain dan materi. Setelah dilakukan uji validasi materi pembelajaran oleh ahli desain, didapati rerata skor untuk aspek tampilan adalah 4,37 dengan kategori "Sangat Baik". Sedangkan dari aspek penyajian rerata skornya adalah 4,7 dengan kategori "Sangat Baik". Dari Aspek Materi, diketahui bahwa penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran dengan rerata skor 4,4 dengan kategori skor "Sangat Baik". Sedangkan dari aspek isi/ materi dengan rerata skor 4,6 dengan kategori skor "Sangat Baik". Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar dari aspek desain dan aspek isi/ materi sudah layak digunakan untuk dalam proses pembelajaran. ix Adapun respon siswa terhadap kualitas buku ajar yang dikembangkan pada aspek desain, dihasilkan rerata skor 4,56 dengan kategori "Sangat Baik". Sedangkan dari aspek materi, dihasilkan rerata total skor 4,65 dengan kategori "Sangat Baik". Dengan demikian buku ajar berbasis al-Qur‟an berjudul تّيبرعلا تغللا" "تّينآرقلا direspon positif oleh siswa dan validator ahli, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Adapun menurut studi literatur yang dilakukan penulis, secara umum buku ajar yang disusun oleh penulis sudah sesuai dengan teori-teori buku ajar bahasa Arab yang baik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab, baik dari aspek kelengkapan, materi, penyajian, bahasa maupun aspek grafika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Amin, Lc., M.A.
Uncontrolled Keywords: desain materi pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, buku ajar bahasa Arab, bahasa Arab berbasis al-Qur‟an
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:38
Last Modified: 05 Aug 2016 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum