MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUTUHAN DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA

ANA MUSTAGHFIROH, NIM. 1420411017 (2016) MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUTUHAN DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUTUHAN DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA)
1420411017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUTUHAN DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA)
1420411017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ana Mustaghfiroh: Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kebutuhan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kurikulum merupakan salah satu perangkat dalam dunia pendidikan yang sangat penting. Adanya kurikulum dalam sebuah sekolah dapat menentukan tentang keberhasilan yang akan dicapai di dunia pendidikan. Menilik ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju serta kebutuhan peserta didik yang berbeda satu sama lain sangatlah berbeda serta kurikulum yang diterapkan di Indonesia masih belum bisa mengembangkan potensi peserta didik dengan maksimal. Terdapat inovasi terbaru dalam dunia pendidikan yaitu kurikulum berbasis kebutuhan yang telah diterapkan di PKBM Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Adanya inovasi terbaru tersebut, penulis mengadakan penelitian mengenai latar belakang, model dan implementasi kurikulum berbasis kebutuhan, serta output di PKBM Qaryah Thayyibah terutama dalam ranah kurikulum pendidikan agama Islam berbasis kebutuhan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. setelah dilakukannya pengumpulan data, maka dilakukan pemilahan data yang sesuai dengan kebutuhan penetian dengan menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai model kurikulum pendidikan agama Islam berbasis kebutuhan di PKBM Qaryah Thayyibah adalah segala hal dan kegiatan dalam proses pembelajaran mengedepankan kebutuhan peserta didik. Adanya inovasi kurikulum berbasis kebutuhan disebabkan karena permasalahan yang ada dimasyarakat dimana peserta didik belum dapat maksimal dalam mengembangkan potensinya dan untuk mempersiapkan generasi yang dapat membawa rahmat bagi semesta alam. Penerapan kurikulum pendidikan Islam berbasis kebutuhan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan peserta didik, sehingga segala kegiatan mulai dari materi, metode, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi melibatkan peserta didik dan dilakukan atas dasar kebutuhan peserta didik serta dibimbing oleh pendamping karena untuk mengembangkan potensi dari masing-masing peserta didik. Oleh sebab itu, output ataupun prestasi yang peserta didik raih sangatlah beragam baik prestasi dalam bidang agama maupun umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: .
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:45
Last Modified: 05 Aug 2016 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum