KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONISME SISWA SMA DI PANTI ASUHAN YATIM (PAY) PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA

AFDILLA SARI, NIM. 1420411019 (2016) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONISME SISWA SMA DI PANTI ASUHAN YATIM (PAY) PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONISME SISWA SMA DI PANTI ASUHAN YATIM (PAY) PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA)
1420411019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONISME SISWA SMA DI PANTI ASUHAN YATIM (PAY) PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA)
1420411019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Afdilla Sari,S.Sos.I. Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk Mengurangi Gaya Hidup Hedonisme Siswa SMA di Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri Aisyiyah Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gaya hidup hedonisme Siswa SMA di PAY Putri Aisyiyah Yogyakarta dan adanya peluang konseling REBT untuk dapat mengurangi gaya hidup hedonisme. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah konseling kelompok dengan pendekatan REBT efektif digunakan untuk mengurangi gaya hidup hedonisme siswa SMA di PAY Putri Aisyiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah mixed method dengan model concurrent triangulation yaitu metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara seimbang. Penelitian kuantitatif dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain non equivalent pretest posttest control group design, sedangkan penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Subjek untuk mengetahui gaya hidup hedonisme terdiri dari seluruh siswa SMA yang berjumlah 22 anak sedangkan sampel untuk penelitian eksperimen terdiri dari 12 anak yang masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri dari 6 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme siswa SMA di PAY Putri Aisyiyah Yogyakarta yang termasuk dalam kategori rendah yaitu 1 anak, kategori sedang yaitu 19 anak dan kategori tinggi yaitu 2 anak. Gaya hidup hedonisme terdiri dari tiga aspek yaitu minat, opini dan aktivitas. Frekuensi minat gaya hidup hedonisme yang termasuk dalam kategori rendah yaitu 4 anak, kategori sedang yaitu 16 anak dan kategori tinggi yaitu 2 anak. Frekuensi opini gaya hidup hedonisme yang termasuk dalam kategori rendah yaitu 1 anak, kategori sedang yaitu 20 anak dan kategori tinggi yaitu 1 anak. Frekuensi aktivitas gaya hidup hedonisme yang termasuk dalam kategori rendah yaitu 1 anak, kategori sedang yaitu 19 anak dan kategori tinggi yaitu 2 anak. Hasil penelitian dari analisis independent sample test menunjukkan bahwa sig. 0,0070,05 yang artinya terdapat perbedaan skor gaya hidup hedonisme siswa SMA antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hasil analisis paired sample test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. 0,002 0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan skor gaya hidup hedonisme siswa SMA antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa konseling REBT, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai sig. 0,6850,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan skor gaya hidup hedonisme siswa SMA antara pretest dengan posttest. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan REBT efektif digunakan untuk mengurangi gaya hidup hedonisme siswa SMA di PAY Putri Aisyiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sumedi
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan REBT, Gaya Hidup Hedonisme
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:59
Last Modified: 05 Aug 2016 06:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item