KOMITMEN PADA PERUBAHAN ORGANISASI (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi)

Kusumaputri, Erika Setyanti (2015) KOMITMEN PADA PERUBAHAN ORGANISASI (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi). Book . Deepublish, Yogyakarta. ISBN 978-602-401-122-2 (In Press)

[img] Text (KOMITMEN PADA PERUBAHAN ORGANISASI (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi))
Kusumaputri, Erika Setyanti (2015) KOMITMEN PADA PERUBAHAN ORGANISASI (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi). Book . Deepublish,.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Di dalam Islam pun, perubahan merupakan suatu keniscayaan. Islam memandang perubahan sebagai bagian tidak terpisahkan (inseperable part) dari kehidupan dan seharusnya terjadi pada kehidupan alamiah baik pada tingkatan individu dan organisasi. Bagaimana pun juga, kebermanfaatan dan kekuatan dampak perubahan berakibat pada kehidupan individu, hanya saja, bagi sebagian individu berhadapan dengan perubahan bukanlah hal yang mudah. Seringkali anggota atau karyawan suatu organisasi saat mengalami perubahan mengalami kehilangan kewenangan, ketidakpastian mengenai masa depan, dan dapat juga mengalami perasaan takut gagal saat mereka harus berhadapan dengan tugas-tugas baru. Sebaliknya sebagian anggota atau karyawan organisasi tidak merasa terganggu dengan perubahan yang terjadi dalam organisasi tempat mereka bekerja, mereka malah memiliki pandangan bahwa perubahan yang terjadi sebagai suatu kesempatan untuk berkembang dan belajar (to grow and learn). Buku ini berusaha menumbuhkan kesadaran pembaca bahwa perubahan bukanlah merupakan hal yang tidak mudah, sehingga dibutuhkan suatu sudut pandang bahwa perubahan organisasi merupakan sesuatu positif, momentum untuk belajar, dan sarana untuk mengembangkan diri. Maka organisasi tempat bernaung karyawan memiliki kewajiban untuk memanfaatkan sumber daya (resources) yang dimiliki agar para anggota organisasi saat terjadi perubahan merasa tidak sendiri, dan memiliki keyakinan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dengan perubahan ini. Kepedulian organisasi terhadap anggota pada saat-saat sulit yang menyertai terjadinya perubahan, akan menimbulkan kesediaan untuk mendukung perubahan. Hasilnya perubahan akan berhasil sesuai yang diinginkan oleh berbagai unsur dalam organisasi, dan membawa kebermanfaatan bagi organisasi serta anggota. Ucapan terima kasih dihaturkan kepada pihak-pihak yang mendukung tersusunnya tulisan dan buku ini, yaitu kepada: Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Ketua Program Studi Psikologi, serta rekan-rekan sejawat Program Studi Psikologi. Tidak lupa terima kasih yang mendalam bagi keluarga, yaitu suami tercinta, Elva Mochammad Ramdhani, putriku Fairuz Syarifa Danianti Putri, putraku Muhammad Naufal Ramdhani Putra atas kesabarannya dan dukungannya yang amat berarti untuk Bunda…. Semoga buku ini bermanfaat bagi khalayak yang ingin mengetahui mengenai komitmen dan perubahan organisasi.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Organisasi, perubahan, psikologi
Subjects: Psikologi
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:39
Last Modified: 08 Aug 2016 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21438

Actions (login required)

View Item View Item