OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Suatu Kajian di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta Tahun 2015/2016

AGUS NAWAWI, NIM . 09470183 (2016) OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Suatu Kajian di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta Tahun 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Suatu Kajian di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta Tahun 2015/2016)
09470183_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Suatu Kajian di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta Tahun 2015/2016)
09470183_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah sebagai sumber dan sarana belajar siswa berfungsi menyediakan serta menyimpan buku-buku dan alat-alat untuk mendukung berhasilnya sebuah pembelajaran. Agar perpustakaan lebih berfungsi optimal, pegawai yang bertugas menjaga dan melayani harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu perpustakaan. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini adalah karena ada beberapa faktor,diantaranya : pegawai perpustakaan kurang kredibel dibidang perpustakaan, dan fasilitas perpustakaan yang kurang memadai. Penelitian ini mengambil perpustakaan MTsN Sumberagung, Jetis, Bantul sebagai objek kajian. Peneliti ingin mengetahui sejauh mana upaya sekolah dalam mengoptimalisasikan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dengan deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data yang telah terkumpul kemudian melakukan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian adalah: Perpustakaan MTsN Sumberagung telah digunakan oleh siswa sebagai sumber informasi dan tempat belajar. Akan tetapi, sejauh ini perpustakaan tersebut masih belum optimal karena: 1) Sumber bukubuku primer mata pelajaran untuk belajar siswa masih terbatas dan untuk bukubuku non-pelajaran yang masih terbatas kuantitasnya, 2) Sumber daya pengelola kurang kompeten yang menjadikan manajemen dan pengelolaan buku-buku, arsip, kurang tertata secara administratif sistematis. Adapun upaya optimalisasi yang dilakukan perpustakaan sendiri adalah bahwa perpustakaan MTsN Sumberagung masih terus membenahi pengelolaan perpustakaan tersebut dengan cara menambah koleksi buku mata pelajaran, dan memperbanyak koleksi buku-buku bacaan yang mampu dijadikan sebagai sumber sekunder belajar siswa di sekolah tersebut. Sedangkan hambatan dalam optimalisasi adalah sulitnya dalam perbaikan pada sistematisasi buku-buku dan pelayanan serta terbatasnya jam berkunjung bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, fungsi, sumber belajar, siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:03
Last Modified: 05 Aug 2016 02:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item