IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SEPTANIA WAHYU ANGGARA, NIM : 11470008 (2016) IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11470008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11470008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview

Abstract

Karakter mandiri dan percaya diri merupakan karakter yang penting untuk dimiliki siswa. MI Bego adalah lembaga pendidikan dasar yang berusaha membentuk siswa memiliki karakter tersebut melalui penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dan bagaimana implikasinya dalam membentuk karakter mandiri dan percaya diri siswa kelas VI. Adapuan strategi pembelajaran aktif yang dipakai oleh guru dalam mata pelajatan tersebut adalah Everyone is a teacher here, listening team, debat aktif, serta demonstrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan pendekatan Kualitaitf yang metode mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data adalah dengan Deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dilakukan oleh guru melalui: pemberian waktu terhadap siswa untuk lebih aktif dengan cara memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapat secara mandiri. Jenis-jenis strategi pembelajaran aktif adalah Everyone is a teacher here, listening team, debat aktif, serta demonstrasi. Implikasi penerapan pembalajaran aktif (1) Implikasi langsung: (a) Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacherherepada bahasa Indonesia adalah siswa percaya diri dalam menjelaskan materi pelajaran di depan kelas. Siswa menjadi mandiri dalam menyiapkan materi pelajaran bahasa Indonesia sesuai perintah guru.(b) Metode listeningteam, membentuk karekter percaya diri dengan cara siswa belajar mendengarkan orang lain dalam berpendapat. (c) Strategi active debatepada mata pelajaran PKn membentuk karakter mandiri siswa dengan bentuk unjuk pendapat di dalam kelas. Implikasi langsung dapat dilihat bahwa karakter mandiri dan percaya diri siswa terbentuk secara langsung semenjak di dalam kelas. (2)Implikasi tidak langsung: siswa dapat selain dapat menerapkan sifat mandiri dan percaya diri tersebut tidak hanya di sekolah, melainkan dapat menerapkannya di lingkungan masyarakat. Misalnya ketika siswa bersosial dengan keluarga di rumahnya; siswa dapat memberi contoh tentang sikap percaya diri dan mandiri kepada teman-teman yang ada di lingkungan rumahnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.WIJI HIDAYATI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, karakter, mandiri, percaya diri
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:14
Last Modified: 05 Aug 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum