IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

FAMELLA MUTI SEPTIANA, SPDI, NIM. 1420411047 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO)
1420411047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO)
1420411047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Famella Muti Septiana, Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Al Irsyad di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan agama Islam Al Irsyad yang dikembangkan oleh lajnah pendidikan dan pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan Implementasinya dalam proses pembelajaran serta problematika dan hasil yang dicapai. Di sekolah-sekolah umum, kurikulum PAI yang dibuat oleh pemerintah langsung di implementasikan tanpa memperhatikan kesesuaian dengan kebutuhan siswa. Di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto kurikulum PAI dikembangkan sendiri oleh LPP dengan memadukan kurikulum nasional dan kurikulum Al Irsyad sehingga menjadi kurikulum yang unggul dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Penulis berharap penelitian ini menjadi inspirasi bagi para pengembang kurikulum di sekolah dan sebagai pelopor bagi penelitian tentang kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa buku-buku yang relevan, artikel ilmiah, jurnal-jurnal dan hasil penelitian terkait kurikulum yang belum dibahas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Kurikulum PAI Al Irsyad di di desain dengan mengacu peraturan pemerintah yang ada, namun lebih diperdalam tentang muatan materi pelajaran pendidikan agama Islam. (2). Dalam kurikulum PAI Al Irsyad terdapat Materi atau mata pelajaran yang tidak ada dalam kurikulum nasional yakni Halaqah. (3). Implementasi kurikulum PAI Irsyad dilakukan dalam tiga tahap yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Hal ini berbeda dengan kurikulum yang dibuat pemerintah yang mana tidak ada proses perencanaan pembelajaran, pembuatan RPP termasuk dalam peoses pelaksanaan pembelajaran. (4). Dalam implementasi kurikulum PAI Al Irsyad tidak semulus yang diharapkan mulai dari awal perencanaan kurikulum sampai pada teknis pelaksanaan di kelas, namun dari berbagai kendala yang dihadapi dapat teratasi dengan konsistensi dan kerjasama dari semua pihak sehingga dapat menghasilkan siswa yang dapat berprestasi secara akademik dibuktikan dengan nilai mata pelajaran agama Islam yang ratarata diatas KKM dan pengamalan praktek ibadah harian seperti sholat tepat pada waktunya dan menghafal al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Al Irsyad, Pendidikan Agama Islam dan Implemenasi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:06
Last Modified: 05 Aug 2016 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum