IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MAN YOGYAKARTA III DAN SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN KATOLIK)

MIFTAHUR ROHMAN, NIM. 1420411058 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MAN YOGYAKARTA III DAN SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN KATOLIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MAN YOGYAKARTA III DAN SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN KATOLIK))
1420411058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MAN YOGYAKARTA III DAN SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN KATOLIK))
1420411058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara multi-etnik dan multi-agama. Keragaman etnik dan agama tersebut menjadi kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan jarang dimiliki oleh bangsa lain. Namun disisi lain, keragaman tersebut berpotensi menimbulkan konflik sosial yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa. Oleh sebab itu, nilai-nilai multikulturalisme perlu dikembangkan dan diimplementasikan untuk memilihara kemajemukan tersebut. Berkaitan dengan hal ini, lembaga pendidikan sebagai wadah interaksi sosial masyarakat, seperti sekolah menengah atas berperan substansial dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh sebab itu, nilai-nilai multikultural harus diimplementasikan di dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN Yogyakarta III dan SMA Stella Duce 2 Yogyakarta sebagai sekolah bernapaskan pendidikan keagamaan di DIY yang memiliki keunikan tersendiri. Mayoga adalah sekolah keagamaan multi-etnik dan mono-religi, sedangkan SMA Stella Duce 2 Yogyakarta adalah sekolah keagamaan homogen khusus puteri yang multi-etnik dan multi-religi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai multikultural di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif, yaitu dengan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada kepala sekolah, waka kurikulum, tiga guru, dan empat peserta didik di masingmasing sekolah. Analisis komparatif digunakan untuk mencari persamaanpersamaan dan perbedaan-perbedaan implementasi nilai-nilai multikultural yang meliputi peran pendidik dan problematika yang dihadapi oleh pendidik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan implementasi nilai-nilai multikultural di kedua sekolah tersebut. Persamaan-persamaan tersebut meliputi peran pendidik, yaitu sebagai edukator, fasilitator, akomodator, dan asimilator. Sedangkan perbedaaanperbedaan tersebut meliputi peran pendidik sebagai leader dialog intra-religius di Mayoga dan sebagai leader dialog inter-religius di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Kemudian problematika yang dihadapi oleh pendidik di kedua sekolah tersebut meliputi diversitas faham keagamaan dalam beragama dan kekerasan atas nama agama. Dari hasil penelitian ini terdapat dua konsep pengembangan pendidikan multikultural, yaitu pendidikan pluralis multikultural intra-religius dan pendidikan humanis multikultur inter-religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Multikultural, Studi Komparasi, Madrasah, Sekolah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:11
Last Modified: 05 Aug 2016 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum