IMPLEMENTASI ‘IQABU AL-LUGAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

MUHLISOH, NIM. 1420411065 (2016) IMPLEMENTASI ‘IQABU AL-LUGAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ‘IQABU AL-LUGAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
1420411065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ‘IQABU AL-LUGAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
1420411065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhlisoh, Implementasi ‘Iqabu Al-lugah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Tesis,Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Islam. Pasca sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian di latarbelakangi oleh pentingnya memberikan ‘iqabu Allugahuntuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim ini apakah secara teori bisa diterapkan dan bearjalan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan berbicara sedangkan pendidikan di era modern ini sudah tidak menerapkan iqab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dengan data yang sifatnya kualitatif, penulis menggunakan metode induktif yaitu suatu proses berfikir untuk memperoleh kesimpulan dari data khusus menuju kesimpulan umum, sehingga peneliti dapat mengolah dan menganalisis data yang ditemukan untuk menemukan konsep, implementasi dan dampak ‘iqabu Al-lugah yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Ustazah, pengurus bahasa, dan pesaerta didik Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Konsep ‘Iqabu al-Lugah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dirumuskan oleh pengurus OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim ) bagian bahasa yaitu bagian bahasa pusat, koordinator rayon bahasa, dan rayon bahasa dengan model iqab fisik dan non fisik dengan tahapan meliputi tahap ringan, sedang dan tahap berat. 2) Implementasi ‘iqabu Al-lugah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta bertujuan untuk melatih peserta didik agar belajar disiplin menggunakan bahasa Arab, meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa Arab dalam Berbicara, mendengarkan, menulis, membaca, dan memahaminya serta mendukung terciptanya bi’ah lugowiah yang kondusif. Fungsinya memotifasi peserta didik agar disiplin menggunakan bahasa Arab. Proses ‘iqabu Al-lugah dilakukan seminggu dua kali yaitu setiap malam senin dan malam jumat, Program penunjang untuk meningkatkan keterampilan berbicara seperti muhadasah, open munjid, mufrodat, dan muhadhoroh yang terdiri dari latihan pidato bahasa Arab dan diskusi/munaqosah. Kendala yang dihadapi diantaranya Jumlah pengurus bahasa tidak sebanding dengan banyaknya jumlah peserta didik yang ada di Pesantren, motivasi peserta didik untuk mempraktikan bahasa Arab sebagai bahasa keseharian mereka. Sosialisasi terhadap ‘iqabu Al-lugah kurang dipahami oleh segenap peserta didik. 3). Dampak dari Iqabu Al-lugah ada dua yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positif yang dihaasilkan yaitu mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan peserta didik yang dulu belum bisa menggunakan bahasa Arab sekarang sudah ada kemajuan, Sedangkan dampak negatif yang dihasilkan adalah timbulnya kecemburuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Radjasa Mu’tasim, BA, M.Si
Uncontrolled Keywords: ‘iqabu Al-lugah, Keterampilan Berbicara (Kalam)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:18
Last Modified: 05 Aug 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum