ISLAMISASI ILMU SEBUAH GAGASAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas)

ERHAT ZAKIYATUL AINI, NIM.11470045 (2016) ISLAMISASI ILMU SEBUAH GAGASAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAMISASI ILMU SEBUAH GAGASAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas))
11470045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ISLAMISASI ILMU SEBUAH GAGASAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas))
11470045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya hegemoni Barat yang menjadikan dikotomi dalam pendidikan Islam, dengan adanya paham Sekularisasi membuat kerancuan dalam keilmuan. Konsep sekularisme sangat merugikan umat Islam, yang memisahkan agama dari negara, termasuk dalam hal pendidikan yang memisahkan pendidikan Islam dan umum, seolah-olah Islam tidak menyentuh bidang keilmuan umum. Masyarakat seperti tak sadarkan diri mengikuti pola-pola pemikiran dari Barat tersebut. Mereka secara sadar maupun terpaksa menggantikan nilai-nilai religius mereka dengan nilai-nilai sekular. Masyarakat muslim seolah dipaksa untuk melaksanakan ajaran sekular dalam kehidupannya lantaran derasnya arus sekularisasi yang membahayakan keimanan (akidah) Islam. maka, diperlukan sebuah gagasan baru dalam pendidikan Islam untuk menetralisisr pengaruh sains Barat yang sekular. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan dan menjabarkan gagasan Islamisasi ilmu Syed M. Naquib Al-Attas serta penerapannya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historisfilosofis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yakni data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskritif analitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pola dalam gagasan Islamisasi ilmu Al- Attas penjabarannya pada dua aspek yaitu, pertama, pemisahan unsur-unsur Barat yang bertentangan dengan Islam dan kedua memasukan konsep-konsep kunci Islam yang dijadikan sebagai pandangan hidup (worldview). (2) Penerapan Islamisasi ilmu dalam pendidikan Islam di terapkan di bidang kurikulum pendidikan pada empat aspek yaitu; aspek tujuan prndidikan Islam, aspek Isi pendidikan Islam, aspek metode pendidikan Islam dan aspek evaluasi pendidikan Islam. yang semuanya selalu berorientasi pada pembentukan individu sebagai pribadi yang tunduk, patuh dan taat pada perintah Allah SWT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. ABD. RACHMAN ASSEGAF, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Islamisasi Ilmu, Pendidikan Islam, Syed M. Naquib Al-Attas
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:28
Last Modified: 05 Aug 2016 02:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item