IDEOLOGI KURIKULUM BAHASA ARAB KTSP DAN KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH (STUDI KOMPARASI)

MIFTAHUS SURUR, NIM. 1420411068 (2016) IDEOLOGI KURIKULUM BAHASA ARAB KTSP DAN KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH (STUDI KOMPARASI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDEOLOGI KURIKULUM BAHASA ARAB KTSP DAN KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH (STUDI KOMPARASI))
1420411068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDEOLOGI KURIKULUM BAHASA ARAB KTSP DAN KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH (STUDI KOMPARASI))
1420411068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Miftahus Surur, "Ideologi Kurikulum Bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 (K- 13) Madrasah Aliyah" Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pendidikan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia di dunia ini. Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai-nilai yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan perkembangan peradaban manuasia sejak masih dalam kandungan bahkan hingga berproses untuk menjadi yang lebih baik lagi. Terkait dengan penuntun serta menjadi pedoman diatas sudah idealnya dan sayogyanya Al-Qur’an, Hadist, serta redaksi-redaksi yang berbahasa Arab yang menjadi rujukan lazim karena bahasa Arab adalah bahasa Allah, rasul dan juga bagian dari peradaban Islam di Arab. Dengan demikian Bahasa Arab mempunyai peranan penting yang pada dasarnya bahasa adalah alat komunikasi, dan lebih dari itu bahasa menjadi peradaban bahkan cirikhas suatu bangsa. Pendidikan tanpa kurikulum tidak akan tercapai tujuan pendidikan itu sendiri, sehingga kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1. Ideologi kurikulum bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah. 2. Tujuan, materi, metode, dan evaluasi dalam pengajaran kurikulum bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah. 3. Kelebihan dan kekurangan kurikulum bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta historissosiologis dan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh dari suber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menyatakan bahwa tujuan pengajaran bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 adalah sama-sama untuk mendorong empat kemahiran, materi kurikulum bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 mencakup tema-tema yang sama, metode kurikulum bahasa Arab KTSP dan Kurikulum 2013 adapun dalam KTSP menggunakan pendekatan yang beragam sesuai dengan kreativitas guru sedangkan Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik/tematik, sedangkan untuk evaluasi KTSP menggunakan penilaian kelas, Kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik yakni secara utuh kesiapan peserta didik, proses dan hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthafa, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ideologi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:51
Last Modified: 05 Aug 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum