KONSEP PENDIDIKAN RELIGIO-HUMANIS PERSPEKTIF SOEDJATMOKO

AL ANHAR, SPDI, NIM. 1420411074 (2016) KONSEP PENDIDIKAN RELIGIO-HUMANIS PERSPEKTIF SOEDJATMOKO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN RELIGIO-HUMANIS PERSPEKTIF SOEDJATMOKO)
1420411074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN RELIGIO-HUMANIS PERSPEKTIF SOEDJATMOKO)
1420411074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berbicara mengenai masa depan bangsa pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat urgen. Pendidikan merupakan penanaman investasi jangka panjang (long-term investasion) dan merupakan tumpuan serta harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat sekaligus menjadi wahana, sarana dan proses guna men-transfer warisan umat dari nenek moyang kepada anak cucu dan dari orang tua kepada anak. Warisan inilah yang dipandang sebagai proses pemanusiaan kembali manusia (humanisme). Jika diperhatikan pendidikan di Indonesia untuk saat ini masih berorientasi pada pragmatisme, yaitu diarahkan pada kepentingan penyediaan pada sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan demikian, pada tataran ini pendidikan merupakan sebuah proses kapitalisasi, ketika output-nya bisa terserap dalam industri dan pasaran kerja, yang menuntut kemampuan penguasaan keterampilan (skill) yang tinggi. Dengan konsepsi pendidikan seperti ini, aspek humanistik dalam pendidikan menjadi terabaikan atau bahkan ditinggalkan sama sekali dengan sendirinya. Soedjatmoko adalah salah satu dari beberapa intelektual sekaligus ulama Indonesia abad 20-an, pemikirannya concern pada kemanusiaan (humanisme) dan peran agama selalu ada dalam setiap hasil pemikirannya, kebebasan dan kesejahteraan manusia menjadi misi di dalam pemikirannya. Maka, peneliti tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam tentang pemikirannya, terlebih dalam konsep pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan religiohumanis Soedjatmoko dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) fokus pada studi tokoh, dengan menggunakan pendekatan historis-hermeneutis. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. Dalam penelitian ini, pengumpulan data peneliti peroleh dari dua sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer peneliti peroleh dari beberapa karya asli Soedjatmoko, sedangkan sumber data skunder peneliti peroleh dari buku-buku yang di anggap relevan sebagai penunjang dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis isi (content analisis), yaitu merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menemukan sebuah konsep pendidikan yang berusaha menekankan pada sisi kebebasan manusia dalam berpikir yang didasarkan pada agama. Peneliti menyebutnya konsep pendidikan religiohumanis, yaitu sebuah model pendidikan yang memberikan kebebasan dalam berpikir para peserta didik, kritis, kreatif, inovatif serta kooperatif dengan di dasarkan pada nilai-nilai spiritual agama. Konsep pendidikan religio-humanis Soedjatmoko merupakan model pendidikan yang secara praktis dan pragmatis memiliki pengaruh terhadap kemandirian peserta didik, keprofesionalan guru yang humanis-religius serta kehidupan masyarakat dan bangsa yang madani.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A.
Uncontrolled Keywords: Humanisme, Agama, Soedjatmoko, Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:54
Last Modified: 05 Aug 2016 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum