KONSEP LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PESANTEREN AL IRSYAD SEMARANG JAWA TENGAH DAN PERANANNYA DALAM PEROLEHAN KEMAHIRAN BERBAHASA.

MOCHAMAD MUNAWAR SAID, NIM. 1420411090 (2016) KONSEP LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PESANTEREN AL IRSYAD SEMARANG JAWA TENGAH DAN PERANANNYA DALAM PEROLEHAN KEMAHIRAN BERBAHASA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PESANTEREN AL IRSYAD SEMARANG JAWA TENGAH DAN PERANANNYA DALAM PEROLEHAN KEMAHIRAN BERBAHASA.)
1420411090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PESANTEREN AL IRSYAD SEMARANG JAWA TENGAH DAN PERANANNYA DALAM PEROLEHAN KEMAHIRAN BERBAHASA.)
1420411090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sesungguhnya bahasa arab adalah bahasa yang dipakai sebagian besar negara-negara islam dan bahasa arab adalah bahasa yang lama yang tidak dapat dipengaruhi oleh kerusakan semenjak abad dahulu sebagai peradaban islam di muka bumi. Seharunya bahasa arab diajarkan di sekolah, kampus akan tetapi ada permasalahan yang dihadapi tanpa sampai ke tujuan. Diantara permasalahannya yaitu ada pada bahasa itu sendiri, masyarakat, guru, dan murid. Dan bahasa arab sendiri kurang begitu berhasil diterapkan dibeberapa tingkatan misal SD, SMP/Mts dan SMA/MA dan bahkan kampus maka untuk mendapatkan hasil yang bagus harus diadakan lingkungan bahasa. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model lingkungan bahasa di PONPES Al Irsyad Tengaran Jawa Tengah dan Peranannya dalam perolehan Kemahiran berbahasa. Penelitian ini berbentuk deskritif. Dan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen Hasil dari penelitian ini adalah 1. Konsep lingkungan bahasa yang ada di pesantrem al irsyad adalah lingkungan yang memadukan antara lingkungan formal dan non formal. 2. Perananya dalam perolehan kemahiran berbahasa adalah A.dalam kemahiran istima’ : membiasakan siswa untuk lebih mendengarkan kata-kata , perkataan-perkataan arab melalui kegiatan melihat vdeo arab, film arab. B. Dalam kemahiran membaca: memperlua bacaan siswa melalui mutholaah, latihan bahasa, dan balaghoh, dan juga melalui materi-materi arab seperti: fikh, al qur’n, hadis, akhlak, faraid, usul fikh dan sejarah islam. C. Dalam kemahiran berbicara: menguatkan perkataan dan pembicaraan murid melalui kegiatan-kegiatan arab seperti: ta;bir dan hiwar jama’i dan khitobah, muhadarah. D. Dalam Kemahiran menulis: meningkatkan pikiran dan perasaan siswa yang dituangkan dalam tulisan melalui imla’, khot dan nahwu atu shorof.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Bahasa,Model, Perolehan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:05
Last Modified: 05 Aug 2016 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum