KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KASIHAN DAN SMP NEGERI 3 BANTUL

MUSLIMAH MUFIDAH, S PD I, NIM. 1420411098 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KASIHAN DAN SMP NEGERI 3 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KASIHAN DAN SMP NEGERI 3 BANTUL)
1420411098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KASIHAN DAN SMP NEGERI 3 BANTUL)
1420411098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif menjadi sebuah tuntutan seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan kehidupan yang harus dihadapi manusia. Kesadaran ini perlu dijadikan pijakan dalam pengembangan kurikulum dengan mengedepankan pembelajaran konstekstual. Untuk itu para guru perlu berbuat, merancang secara serius pembelajaran yang sifatnya kreatif. Kemampuan kreatifitas dapat dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran. Sehingga terkait dengan proses pembelajaran ini guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya. Akan tetapi masih banyak kendala yang dihadapi oleh pendidikan kita, khususnya pada proses pembelajaran diantaranya masih lemahnya metode dalam menerapkan proses pembelajaran. SMP N 1 Kasihan dan SMP N 3 Bantul merupakan sekolah piloting dalam implementasi K13 di Kabupaten Bantul. Terdapat beberapa siswanya belum memiliki keterampilan bertanya dan kurang kritis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, sehingga guru merasa perlu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitataif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam membangun kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, menganalisis problematikanya serta mendeskripsikan upaya sekolah dalam mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam membangun kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Kasihan dan SMP N 3 Bantul dapat dikatakan belum sepenuhnya dijalankan secara optimal sesuai dengan 10 kriteria yang tercantum dalam Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru. Kompetensi pedagogik guru yang belum optimal tersebut antara lain dalam aspek pemahaman karakteristik peserta didik, pengembangan RPP, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik dan pemanfaatan penilaian dan evaluasi, serta pelaksanaan tindakan refleksi. Diantara kriteria kompetensi pedagogik guru tersebut berimplikasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan saintifik, yakni meliputi keterampilan berpikir lancar, luwes, original, keterampilan memperinci, dan mengevaluasi; 2) problematika kompetensi pedagogik guru dalam membangun kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Kasihan dan SMP N 3 Bantul diantaranya adalah memahami karakteristik peserta didik, membangkitkan perhatian dan keaktifan siswa, kemampuan mengembangkan kurikulum, memahami teori belajar, dan kemampuan mengembangkan media IT; 3) upaya sekolah dalam mengatasi problematika tersebut adalah mengadakan BK dan berkomunikasi dengan BP, menghindari pembelajaran klasik dan pemberian reward, bertukar pikiran dengan guru lain, mengikuti diklat, dan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler BTA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Berpikir Kreatif, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:10
Last Modified: 05 Aug 2016 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum