MODEL KONSELING MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA ECCD-RC (EARLY CHILDHOOD CARE AND DEVELOPMENT RESOURCE CENTER) YOGYAKARTA

YANIS AINUR ROIFAH, SSOSI, NIM. 1420411105 (2016) MODEL KONSELING MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA ECCD-RC (EARLY CHILDHOOD CARE AND DEVELOPMENT RESOURCE CENTER) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL KONSELING MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA ECCD-RC (EARLY CHILDHOOD CARE AND DEVELOPMENT RESOURCE CENTER) YOGYAKARTA)
1420411105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL KONSELING MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA ECCD-RC (EARLY CHILDHOOD CARE AND DEVELOPMENT RESOURCE CENTER) YOGYAKARTA)
1420411105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YANIS AINUR ROIFAH, Model Konseling Multikultural pada Lembaga ECCD-RC (Early Childhood Care and Development Resource Center) Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesenjangan dalam hubungan konselor dan konseli dalam pelaksanaan layanan konseling yang terlihat dari adanya perbedaan pada latar belakang kultur, agama, ras, etnis, geografis, kelas sosial ekonomi dan pola bahasa itu yang sering menimbulkan masalah dalam hubungan bimbingan dan konseling, dari awal pengembangan hubungan yang akrab dan saling mempercayai antara konseli dan konselor, penstrukturan suasana konseling, sampai peniadaan sikap menolak dari konseli. Untuk mengatasi perbedaan antara konselor dan konseli, maka konselor perlu memahami latar belakang budaya dari konselinya, memahami aspek-aspek psikologis dan teknikteknik konseling sebagai ranah kompetensi konselor, sehingga dapat terjadi proses interaksi dalam konseling yang dinamakan konseling multikultural. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga konselor lembaga ECCD-RC Yogyakarta sekaligus satu direktur lembaga dan satu orang koordinator TMK. Objek penelitian ini adalah model konseling multikultural yang meliputi tahapan konseling multikultural, jenis layanan konseling yang diterapkan, pendekatan konseling yang digunakan, serta teknik dan strategi yang diterapkan dalam konseling multikultural pada lembaga ECCD-RC Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, tahapan konseling multikultural pada lembaga ECCD-RC Yogyakarta terbagi tiga tahap, yaitu tahap awal konseling, tahap pertengahan dan tahap akhir konseling. Kedua, jenis layanan konseling yang diterapkan ada empat, diantaranya layanan konsultasi, layanan informasi, layanan konseling individu, dan layanan konseling kelompok. Ketiga, model pendekatan yang digunakan ketiga konselor lembaga lebih mengarah pada client centered juga menyertakan behaviouristik dan keputusan tetap berada di tangan konseli sendiri sebagai penerapan pendekatan konseling client centered. Keempat, teknik dan strategi yang diterapkan yaitu 1)konselor mendengarkan aktif, menggali lebih dalam dan memetakan permasalahan dengan teknik penggunaan metode komunikasi dua arah, penawaran solusi alternatif yang berpusat pada konseli serta dengan menyertakan pendekatan behaviouristik teknik desensitisasi sistematik dan reward and punishment yang ditawarkan kepada konseli, dan pengambilan keputusan tetap berada di tangan konseli sebagai penerapan pendekatan client centered, 2) adanya kerjasama atau pengalih tanganan kasus sesuai dengan kapasitas ahli yang dimiliki oleh pihak-pihak atau lembaga tertentu berdasarkan kasus atau masalah yang terjadi pada konseli, pada saat kasus yang dihadapi bukan merupakan kapasitas konselor lembaga untuk memberikan pelayanan, 3)terdapat tindak lanjut atau follow up sebagai wujud monitoring yang dilakukan secara informal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Konseling, Konseling Multikultural
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:13
Last Modified: 05 Aug 2016 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum