KETERKAITAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES(KECERDASAN MAJEMUK) DENGAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN

ULFATUL FIKRIYAH, NIM : 11480005 (2016) KETERKAITAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES(KECERDASAN MAJEMUK) DENGAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERKAITAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES(KECERDASAN MAJEMUK) DENGAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN)
11480005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KETERKAITAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES(KECERDASAN MAJEMUK) DENGAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN)
11480005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara multiple intelligences dengan karakter siswa di MI Ma’arif Bego Depok Sleman. Serta mengetahui bagaimana kondisi karakter siswa serta multiple intelligences di sana. Jenis penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket (kuesioner), observasi, dan wawancara sebagai data pendukung. Uji coba instrumen dilakukan pada kelas 5A sebanyak 30 siswa. Uji validasi instrumen menggunakan teknik analisis product moment, setelah sebelumnya diajukan ke dosen ahli. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Uji prasyarat analisis dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Sementara uji hipotesis menggunakan uji korelasi r product moment dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kondisi multiple intelligences dan karakter siswa di MI Ma’arif Bego tergolong baik. Dengan prosentase 74,69% atau 62 siswa. Dan karakter sebesar 72,28% atau 60 siswa. Hasil uji hipotesis menyatakan sebagian besar variabel multiple intelligences dengan karakter siswa yang diteliti memiliki hubungan yang positif dan signifikan antar keduanya. Seperti kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap karakter kreatif (r=0,301), peduli sosial (r=0,294). Namun demikian, ada satu kecerdasan yaitu musikal yang memiliki nilai r negatif untuk semua karakter. Nilai prosentase untuk besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 39,1%. Perhitungan ini berdasar pada skor total yang didapat kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. ISTININGSIH, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk, Karaker siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:10
Last Modified: 05 Aug 2016 04:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item